SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

KULONPROGO—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo memastikan akan mendistribusikan KTP elektronik atau e-KTP awal pekan depan. Sebanyak 24.000 e-KTP yang sudah diperbaiki siap didistribusi di masing-masing kecamatan.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kepala Disdukcail Kulonprogo Bambang Pidekso mengungkapkan, dari 278.000 e-KTP yang menjadi tanggung jawab pusat, baru 24.000 saja yang selesai. Kesalahan pada nama kabupaten yang tercetak gandeng sudah diperbaiki.

“Sudah siap didistribusikan awal pekan ini, antara tanggal tiga dan empat September. Tapi belum semua, dari 278.000 yang jadi kewajiban pusat, baru 24.000 yang sudah selesai. Artinya masih ada 254.000 lagi yang belum selesai. Tapi itu jadi kewajiban pusat,” kata Bambang belum lama ini.

Bambang menjelaskan, mereka sudah menyiapkan undangan untuk distribusi e-KTP. Untuk kelancaran distribusi, pihaknya akan bekerjasama dengan paguyuban camat. Beberapa camat disebutkan sudah konfirmasi ke dinas untuk distribusi identitas kependudukan ini, seperti Temon, Nanggulan, Lendah dan Samigaluh.

“Kita ingin memastikan distribusi nanti berjalan lancar. Karena itu kita bekerjasama dengan paguyuban camat. Baru saja ada beberapa yang sudah konfirmasi ke kita seperti Camat Temon, Nanggulan, Lendah, dan Samigaluh,” terang dia.

Lanjutnya, secara keseluruhan terdapat 364.185 wajib KTP di Kulonprogo dari jumlah penduduk 388.869 jiwa berdasarkan sensus tahun 2010. Dari jumlah itu, data 282.000 di antaranya sudah terekam. Sisanya akan diselesaikan hingga Desember mendatang.

“Masih ada 80.000 lebih yang belum, dan harus selesai akhir tahun atau Desember nanti. Yang belum rekam data, maka datanya akan dibekukan. Tapi jumlahnya mungkin tidak akan persis sebanyak itu. Karena yang pindah domisili sudah banyak yang lapor ke dinas,” jelasnya.

Bambang menambahkan, rekam data warga jompo masih terus dilakukan. Saat ini tersisa enam kecamatan yang masih belum selesai. Antara lain Kecamatan Wates, Panjatan, Lendah, Samigaluh, Galur dan Pengasih. Sedangkan daerah paling awal untuk rekam data jompo adalah Girimulyo, Juli, Temon, Nanggulan, Kalibawang dan Sentolo.

Terpisah, Camat Galur, Latnyana mengungkapkan pihaknya sudah siap membagikan e-KTP untul warga Galur. “Rencananya kami akan bagi mulai Selasa [4/9] sampai Jumat [7/9],” ujarnya.

Untuk memperlancar pembagian kartu identitas itu, pihak kecamatan akan bekerja sama dengan Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan di tiap desa. Nantinya, warga bakal diundang untuk mengambil e-KTP di kantor desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya