SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Dok)

E-KTP Sleman belum bisa dicetak

 

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Harianjogja.com, SLEMAN– Hampir enam bulan kekosongan blangko pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dialami masyarakat Sleman. Surat Keterangan (Suket) perekaman e-KTP pun menjadi pilihan. Sejak 1 Oktober 2016 hingga 8 Maret 2017, jumlah Suket yang dikeluarkan mencapai 27.156 lembar.

Kepala Disdukcapil Sleman Jazim Sumirat pun berharap agar warga memahami persoalan tersebut. Pasalnya, kewenangan ketersediaan blangko e-KTP hingga bahan baku percetakannya seluruhnya wewenang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu sesuai dengan Perpres No.126/2012 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres No.26/2009 tentang Penerapan KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

“Kami sudah mengajukan kebutuhan blangko e-KTP ke Pusat sesuai kebutuhan, namun sampai saat ini masih kosong. Kalau tahun lalu, kami hanya menerima 5.000 blangko yang sudah disebar ke seluruh kecamatan,” katanya, Rabu (8/3/2017).

Dia menjelaskan, terhitung sejak 1 Oktober 2016 pihaknya belum bisa mencetak e-KTP bagi warga. Padahal, jumlah pengajuan pembuatan e-KTP sampai saat ini mencapai 27.156 orang.

Jumlah tersebut dimungkinkan terus bertambah seiring banyaknya pengajuan pembuatan KTP dari warga.Mulai dari pendaftaran e-KTP baru, pengajuan perpindahan domisili hingga perubahan data warga.

Sebagai gantinya, lanjut Jaim, Disdukcapil memberikan Suket untuk mengganti fisik e-KTP yang belum dicetak. “Kami belum tahu kapan Pusat mengirim blangko e-KTP, sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut,” tambahnya.

Dia berharap, kekosongan blangko e-KTP tersebut dapat segera dipenuhi oleh pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya