SOLOPOS.COM - Pelatihan ecoprint bagi warga Kelurahan Ngupasan, Kota Jogja. /Ist.

Solopos.com, JOGJA — Sejumlah ibu-ibu di Kelurahan Ngupasan, Kota Jogja, dilatih membuat batik ecoprint. Pelatihan batik ecoprint ini diharapkan bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Lurah Ngupasan, Didik Agus, mengatakan pelatihan pembuatan batik ecoprint sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali aktivitas ekonomi warga di tengah pandemi Covid-19. Melalui pelatihan ini, harapannya para peserta agar lebih berdaya dalam berwirausaha.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

“Pelaksanaan pelatihan ini sudah kami gelar pada tanggal 7 hingga 8 Maret lalu. Diikuti oleh ibu-ibu dari Kelurahan Ngupasan. Mereka rata-rata sangat antusias dengan adanya pelatihan ecoprint,” kata dia, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: Diiming-Imingi Sembuh, Wanita Ini Malah Tertipu Belasan Juta Rupiah

Didik menyampaikan pelatihan ini menghadirkan pengrajin ecoprint yang sudah profesioanl. Para peserta dilatih membuat kerajinan ecoprint dlaam media kain canvas.

Selain itu, mereka juga dibekali meracik kombinasi bahan ecoprint menjadi sebuah motif di kain menggunakan daun dari berbagai jenis tumbuhan yang mudah didapatkan dari lingkungan sekitar.

“Kemudian pada hari kedua mendapatkan pengetahuan tentang kewirausahaan yang memfokuskan pada berbagai ilmu dan pengalaman dari praktisi dalam memulai merintis usaha ecoprint,” jelas dia.

Baca Juga: Cari Musuh Bawa Gir di Jalanan Wonosari, 4 ABG Ditangkap Polisi

Melalui pelatihan ini, Didik berharap para peserta dapat memproduksi ecoprint sendiri secara kecil-kecilan. Bukan hanya dilatih, tetapi mereka juga akan didampingi dalam proses pembuatan batik ecoprint itu.

“Kerjainan ecoprint tersebut tergolong baru dalam dunia kerajinan dan bersifat unik yang saat ini sedang menjadi tren alternatif dalam dunia fesyen. Harapannya dapat dikembangkan menjadi hasil karya yang lebih baik, sehingga ini menjadi solusi alternatif kewirausahaan produktif untuk ekonomi warga,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya