SOLOPOS.COM - Ilustrasi listrik tenaga surya (JIBI/Harian Jogja-istimewa)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Guna memasok kebutuhan listrik, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Mineral Gunungkidul akan membangun instalasi listrik tenaga surya.

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Mineral Gunungkidul Pramuji Ruswandono mengatakanpasokan aliran listrik diprioritaskan bagi warga di Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Kami sudah menyiapkan anggaran Rp1,9 miliar yang diambil dari dana alokasi khusus. Pembangunan instalasi juga sudah mulai dilakukan sejak Senin (1/9/2014),” katanya.

Rencananya pembangunan tersebut dapat selesai dalam tiga bulan ke depan. Harapannya dengan dibangun instalasi itu dapat mencukupi 50 kepala keluarga di Pantai Gesing serta dapat memberikan penerangan jalan di wilayah tersebut.

“Intalasi yang dibangun berkapasitas 15 kilowatt. Jumlah ini bisa digunakan untuk memberikan penerangan bagi warga di Pantai Gesing dan di wilayah sekitarnya,” tutur dia.

Pramuji menjelaskan, nantinya masing-masing rumah bisa mendapatkan litrik dengan kapasitas 250 watt hingga 300 watt. Selain itu, instalasi listrik tenaga surya di Pantai Gesing merupakan langkah awal, karena tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lain di Gunungkidul yang belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN akan dilakukan hal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya