SOLOPOS.COM - Wuling menampilkan tiga unit Air ev Long Range yang telah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Kendaraan listrik yang diproduksi di pabrik Wuling Cikarang ini menawarkan beragam kemudahan bagi para penggunanya, antara lain mudah dikendarai karena ukurannya yang compact, pengisian dayanya yang mudah dilakukan di rumah, sampai dengan kemudahan dalam memilikinya karena biaya kepemilikan yang terjangkau. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut Indonesia memiliki kapasitas industri baterai kendaraan Listrik hingga 400 GWh (gigawatt hour).

Staf Khusus Menteri ESDM, Agus Tjahajana Wirakusumah, mengatakan kebutuhan bahan baku baterai secara global saat ini mencapai 2.400 GWh, sedangkan Indonesia mampu berkontribusi sekitar 400 GWh sampai lima tahun mendatang.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Kita sudah memiliki sekitar kelebihan material untuk bahan baku baterai sudah 400 GWh. Nah itu sesuatu yang tidak dimiliki oleh negara lain,” kata Agus pada sela-sela pelepasan Tim Jelajah EV 2023 di kantor Bisnis Indonesia, Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini Indonesia perlu menciptakan ekosistem material baterai yang lebih mengarah kepada hilirisasi. Dia pun menyebut industri prekursor dan sel baterai Indonesia perlu didorong khususnya untuk Baterai Ternary lithium-ion (NMC).

Di sisi lain, Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk kerja sama memasok mineral kritis atau critical mineral agreement (CMA). Lewat kerja sama itu, turunan bijih nikel Indonesia bisa disalurkan untuk industri kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Kerja sama ini diteken saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Agus pun mengatakan dalam kerja sama tersebut Indonesia harus patuh kepada prinsip environmental social governance (ESG) guna menciptakan produk turunan yang ramah lingkungan dan sustainable.

Selain itu, dia menilai upaya untuk melakukan proses daur ulang baterai dari kendaraan listrik juga menjadi sesuatu yang penting dalam menciptakan ekosistem yang hijau. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul RI Siap Pasok Kebutuhan Baterai Kendaraan Listrik, ESDM: Kapasitas 400 GWh 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya