SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Diyah Sarastuty, pelapor kasus pelanggaran Pasal 27 ayat 3 Undang-undang No.11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan terdakwa Ervani Emy Handayani berharap media netral dalam memberitakan kasus tersebut.

Melalui kuasa hukumnya, Achil Suyanto, Diyah merasa tersudutkan oleh pemberitaan di media. Ia ingin meluruskan pemberitaan yang seolah-olah kasus tersebut terjadi karena dirinya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Padahal, sebagai Pelapor ingin memenuhi kewajiban hak asasi dan hak hukum karena nama baiknya tercemar oleh tulisan terdakwa Ervani.

“Yang menjadi korban adalah Ayas [sapaan akrab Diyah]. Makanya sesuai UU, untuk memenuhi hak hukumnya, ia melaporkan masalah tersebut,” kata Achiel kepada wartawan di Royal Garden Restro, Selasa (18/11/2014).

Menurut Achil, kalau ada tindakan hukum sesuai hukum dakwaan UU ITE, itu merupakan wewenang penyidik, jaksa dan pengadilan. Mereka menjalankan penegakan dan aturan hukum. Bukan permintaan pelapor melainkan kewenangan penegak hukum.

Ayas, kata Achiel, hanya menjalankan hak asasinya untuk melindungi diri. “Maka, yang justru menjadi korban adalah Ayas akibat pencemaran nama baik. Kalau Ervani, mungkin korban UU ITE, tapi juga harus mempertangungjawabkan secara hukum,” ucapnya.

Menurut Ayas, sejak muncul pelaporan sampai saat ini, Ervani sama sekali belum meminta maaf atas tulisan di Facebook. Namun, Achil menimpali, kalaupun ada permintaan maaf dari pelaku dan Ayas memaafkan, maka berdasarkan UU kasus tersebut tetap disidangkan.

Achil berharap masyarakat berhati-hati ketika menggunakan media sosial sebab sudah banyak kasus soal pelanggaran UUITE yang tujuannya bukan menghukum orang yang suka menulis status. Namun, agar masyarakat lebih hati-hati saat menulis di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya