SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung bersiap menerbangkan lampion, dalam perhelatan hari pertama Tanjung Adikarto Fair, di Pelabuhan Tanjung Adikarto, Karangwuni, Sabtu (24/6/2017) dini hari. Ratusan lampion diterbangkan, usai takbir keliling. Pada acara puncak, akan diterbangkan lampion dalam jumlah lebih banyak, yakni sekitar 1.500 lampion. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Festival Lampion digelar Agustus 2017.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Festival lampion akan kembali digelar di Kulonprogo pada Agustus mendatang. Pihak penyelenggara memastikan kegiatan tersebut telah mengantongi izin dari Pangkalan TNI AU Adisucipto.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Baca Juga : Kantongi Izin dari Lanud Adisutjipto, Festival Lampion Dijamin Tak Ganggu Penerbangan

Perwakilan panitia, Rahmat Bayu menuturkan panitia juga diminta memperhatikan beberapa hal lain agar keselamatan operasional penerbangan tetap terjamin.

“Kemampuan terbang lampion tidak boleh lebih dari lima menit dan harus dipastikan tidak membahayakan masyarakat atau lingkungan sekitar,” terangnya, Rabu (12/7/2017).

Pihak Inspiratif Production selaku penyelenggara juga wajib bertanggung jawab penuh apabila kegiatan pelepasan lampion menyebabkan terjadinya hal yang merugikan.

Inspiratif Production sebelumnya sudah dua kali menyelenggarakan festival lampion. Acara pertama digelar di Alun-alun Wates pada 2016 lalu, sedangkan yang kedua dilaksanakan di kawasan Waduk Sermo pada Mei kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pariwisata Kulonprogo, Rohedy Goenoeng mengatakan pelepasan lampion menjadi momen unik yang diharapkan menambah daya tarik wisata Kulonprogo. Dia pun berharap festival lampion dapat dijadikan ajang promosi sekaligus ikon wisata baru bagi Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya