SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Sebanyak 12 Desa Wisata akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp6 juta dalam Festival Seni Tradisi di Taman Parkir Tlogo Putri Kaliurang akhir pekan ini. Peserta mewakili desa wisata masing-masing.

“Yang sudah pasti ada 12 Desa Wisata yang akan berpartisipasi untuk menampilkan yang terbaik,” ujar Kepala Divisi Promosi Dalam Negeri Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Chandra Prabantoro, Jumat (27/1).

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Festival ini akan digelar dua hari, Sabtu dan Minggu (28-29/1) untuk menarik banyak pengunjung. Kesenian yang akan dibawakan peserta sebagian besar merupakan seni tari dan seni suara seperti Jatilan dan Salawatan. “Kami bebaskan mereka untuk menampilkan kesenian khas Desa Wisatanya masing-masing,” imbuh Chandra.

Sejumlah Desa Wisata yang turut andil dalam Festival Seni ini adalah Brayut dengan seni tari Cokekan, Brajan menampilkan tari religi Kuntulan, Kaliurang Timur menampilkan Warokan, Nawung dengan Salawatan, Sukunan Jathilan, Tunggularum menampilkan Kubrosiswo.

Kesenian yang sudah mulai langka lainnya adalah dari Plempoh Prambanan menampilkan Srandul, Tanjung menampilkan Pek Bung, Rumah Domes menampilkan Ronda Tek-Tek, Kelor dengan Salawatan, Jetak II Sidoakur dengan Gejog Lesung, dan Garingan dengan tari religi Dayakan. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya