SOLOPOS.COM - Pembukaan Festival Van Der Wijck berlangsung di Padukuhan Tangisan, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sabtu (19/3/2022). (Istimewa - Humas Pemkab Sleman-Harian Jogja)

Solopos.com, SLEMAN — Festival Van Der Wijck Tahun 2022 secara resmi digelar di Padukuhan Tangisan, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (19/3/2022). Festival ini menjadi kegiatan pertama tahun 2022 di Kabupaten Sleman yang mengkolaborasikan antara pariwisata, budaya, religi dan perekonomian.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan bonang gamelan oleh, Gusti Kanjeng Ratu Bendara selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, Wakil Bupati Sleman, Ketua DPRD Kabupaten Sleman dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Festival ini merupakan bentuk peran serta masyarakat Kabupaten Sleman dalam memeriahkan peringatan Jumenengan Tingalan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kami berharap Festival Van der Wijck dapat menjadi pemicu bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Sleman,” jelas Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Baca juga: Sukses 2019 Lalu, Bhre Bakal Hidupkan Lagi Mangkunegaran Jazz Festival

Menurutnya, kegiatan festival ini juga sebagai bukti nyata dari rasa kepedulian dan cinta kita yang tinggi terhadap keberadaan bangunan bersejarah dan upaya untuk melestarikan warisan budaya yang ada di masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung di tepi Selokan Van Der Wijck ini diisi dengan berbagai rangkaian yang dimulai pada Jumat (18/3/2022) lalu. Rangkaian acara dalam festival ini meliputi umbul donga, gelar selawat pitutur, Van Der Wijck Walk, kirab adat memetri Buk Renteng dan upacara pembukaan festival.

Seluruh rangkaian tersebut, menjadi sebuah kolaborasi yang sangat baik sehingga diharapkan menjadi event tahunan yang diselenggarakan di Sleman. “Kedepan, event ini bisa kita promosikan tidak hanya untuk masyarakat lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional karena sangat bernilai,” ungkapnya.

Baca juga: Jangan Khawatir! Stok Beras dan Migor saat Ramadan di Sleman Aman

Pada pembukaan ini, Wakil Bupati Sleman bersama dengan Gusti Kanjeng Ratu Bendara dan rombongan mengunjungi seluruh stan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang juga ikut serta dalam memeriahkan pagelaran festival Festival Van Der Wijck.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya