SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Anggaran tersebut dimanfaatkan untuk memfasilitasi pementasan kesenian bagi kelompok seni dan budaya.

Harianjogja.com, BANTUL- Pemerintah Kabupaten Bantul,  mengalokasikan anggaran Rp700 juta untuk menyelenggarakan Festival Kesenian Yogyakarta, 1-7 September 2016 di sejumlah kecamatan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Anggarannya sekitar Rp700 juta untuk kegiatan FKY Bantul secara keseluruhan mulai dari pawai budaya sampai festival di masing-masing kecamatan,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Dodik Koeswardono seperti dikutip Antara, Jumat (2/9/2016).

Menurut dia, anggaran tersebut dimanfaatkan untuk memfasilitasi pementasan kesenian bagi kelompok seni dan budaya, maupun persiapan pelatihan seniman seniwati dari masing-masing kecamatan hingga kebutuhan yang berkaitan dengan FKY Bantul.

Ia mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari Dana Keistimewaan (Danais) yang digelontorkan melalui Dinas Kebudayaan DIY. Setiap kecamatan mendapat ploting anggaran sebesar Rp20 juta.

“Tahun ini kami mendapat alokasi danais sebesar Rp4,6 miliar untuk empat program yang meliputi tujuh kegiatan. Di antaranya untuk pengembangan seni budaya dan fasilitasi pentas kesenian, kegiatan FKY ini salah satu kegiatannya,” katanya.

Dodik mengatakan, jumlah kelompok kesenian di Bantul sampai saat ini tercatat sebanyak 1996 kelompok yang tersebar di 17 kecamatan terdiri 75 desa yang meliputi 933 dusun, sehingga di setiap dusun rata-rata dua kelompok kesenian.

“Memang masih banyak kelompok kesenian di Bantul yang belum mendapat fasilitasi untuk pementasan, namun kita upayakan terus, melalui kegiatan FKY di tahun-tahun selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Lies Ratriana mengatakan, pelaksanaan FKY Bantul dibagi dalam tiga wilayah yakni eks Pembantu Bupati (Tuti) Timur terdiri Kecamatan Pleret, Piyungan, Banguntapan, Dlingo dan Imogiri dengan pusat pelaksanaan di wilayah Kecamatan Dlingo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya