SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Gangguan penerbangan terjadi di Lanud Adisutjipto pada penerbangan pesawat militer

Harianjogja.com, SLEMAN – Insiden penerbangan pesawat militer terjadi di Lanud Adisutjipto Jogja, Rabu (27/1/2016). Sebuah pesawat Cessna milik TNI AU, terhambat lajunya setelah sukses mendarat karena roda bagian depan bermasalah.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Informasi yang dihimpun Harian Jogja, pesawat Cessna tersebut dipiloti oleh penerbang yang bertugas di Wing Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU). Pesawat ini memang khusus untuk mendukung pendidikan taruna. Selain itu juga dipakai untuk menarik glider.

Pada Rabu (27/1/2016) sekitar pukul 09.40 WIB, pesawat menyelesaikan satu sorti penerbangan dan telah sukses mendarat di runway zero nine sisi barat Lanud Adisutjipto.

Namun beberapa detik kemudian terjadi masalah pada roda pendaratan bagian depan. Belum bisa diketahui secara detail bentuk fisik yang terjadi kerusakan. Peristiwa itu terjadi bukan di landasan utama Lanud Adisutjipto, melainkan di sisi selatan landasan sehingga tidak berdampak pada penerbangan lainnya.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus saat dimintai konfirmasi menegaskan, hal itu hanya insiden kecil yang terjadi saat latihan rutin. Ia mengakui peristiwa itu terjadi saat pesawat digunakan untuk mendukung latihan taruna AAU, bukan saat latihan Sekolah Penerbang (Sekbang) maupun Sekolah Navigator (Seknav).

“Latihan rutin, ada sedikit masalah di landing gear roda depan, sudah landing normal. Tidak apa-apa. Itu [pesawat] yang dipakai mendukung latihannya taruna [AAU],” tegasnya melalui ponselnya, Rabu (27/1/2016).

Ia menambahkan kejadian itu tidak menimbulkan dampak yang signifikan. Penerbangan komersial berjalan seperti biasa. Selain itu tidak ada korban dalam peristiwa itu. “Tidak berdampak, sudah di bawah, sudah landing dan itu bukan di main runway,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya