SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) bersama PT. Jamsostek dan Dinas Pekerjaan Umum menggelar Pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK-3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum di Hotel Grage, Rabu (1/2).

Ketua Umum Badan Pimpinan Pusat (BPP) Gapensi, Soeharsojo mengatakan, pelatihan ini sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang dilakukan Gapensi dengan Jamsostek 11 Januari 2010 lalu.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja dan tenaga konstruksi,” ujarnya saat ditemui seusai pembukaan, Rabu (1/2).

Soeharsojo mengatakan, kegiatan serupa selain digelar di Jogja, pada tahun ini juga akan digelar di 11 provinsi lain.

Ia berharap tiap daerah bisa berkoordinasi dengan instansi terkait dan setiap tahun selalu terjadi peningkatan jumlah tenaga kerja. Pertumbuhan ini, lanjutnya, harus dibarengi dengan peningkatan keselamatan kerja sebagai jaminan bagi tenaga kerja

“Saat ini, tenaga kerja sudah langsung diikat dengan Jamsostek sebesar 0,02 persen dari nilai proyek,” imbuhnya.

Ketua BPC Gapensi DIY, Hendro Kumoro menambahkan, program pelatihan SMK-3 Konstruksi ini merupakan implementasi dari program kerja organisasi dengan harapan meminimalkan risiko kecelakaan kerja.

Wakil Kepala Jamsostek Wilayah V Ilyas Manurung mengatakan, pada 2011 jumlah kecelakaan kerja dan jaminan kecelakaan kerja peserta Jamsostek turun menjadi 82.106 dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 98.711.

“Artinya, kebutuhan cover asuransi bagi tenaga kerja konstruksi sangat diperlukan melihat banyaknya kasus dan besarnya risiko,” pungkasnya. (Harian Jogja/Intaningrum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya