SOLOPOS.COM - Penggeledahan Tim Penyidik Kejati DIY saat memeriksa berbagai dokumen di Kantor Dispertaru DIY, Rabu (12/7/2023). - Dok Kejati DIY

Solopos.com, JOGJA — Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya menggeledah kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, tetapi juga menggeledah rumah Kepala Dispertaru DIY Krido Suprayitno, Rabu (12/7/2023). Penggeledahan ini kaitannya dengan kasus mafia tanah kas desa.

Dalam penggeledahan di rumah Krido, tim penyidik menyita berbagai dokumen yang berkaitan dengan kasus Robinson Saalino, terdakwa penyalahgunaan tanah kas desa. Total ada 20 bundel dokumen yang disita Tim Penyidik Kejati DIY.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Penggeledahan di rumah Kepala Dispertaru itu berjalan lancar tanpa ada penolakan dari pemiliknya.

“Semuanya berjalan lancar, penggeledahan yang dilakukan juga resmi berdasarkan surat perintah penggeledahan,” kata Kasi Penkum Kejati DIY Herwatan, Rabu sore.

Herwatan menyebut penggeledahan di rumah Krido tersebut untuk memastikan barang bukti kasus mafia tanah kas desa tidak dihilangkan.

“Kami tak pandang bulu, secara akurat akan kami selidiki semua orang yang terlibat merugikan keuangan negara dalam kasus ini,” tegasnya.

Dia menjelaskan terkait tersangka baru dalam kasus mafia tanah kas desa ini masih terbuka lebar. Termasuk yang ada di Dispertaru.

“Pemeriksaan yang dilakukan akan terus berjalan,” ujar dia.

Keterlibatan dinas lain, lanjut Herwatan, juga ada karena kasus terus dikembangkan. Bukan hanya dari Dispertaru, tetapi dari dinas atau pihak lain juga diperiksa, sehingga kemungkinan keterlibat dari pihak lain juga akan terungkap.

Tim Penyidik Kejati DIY juga menyita hardisk, flash disk, dan komputer, terhadap barang elektronik ini akan dilakukan pemeriksaan digital forensik. “Benda elektronik akan dilakukan pemeriksaan digital forensik,” ujar Herwatan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kasus Mafia Tanah Kas Desa: Rumah Kepala Dispertaru DIY Digeledah, 20 Bundel Dokumen Disita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya