SOLOPOS.COM - Nelayan mengangkat mesin kapal seusai melaut di kawasan pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari. (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Kondisi gelombang di pesisir pantai kawasan selatan Gunungkidul hingga Selasa siang (31/1/2018) masih cenderung landai

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kondisi gelombang di pesisir pantai kawasan selatan Gunungkidul hingga Selasa siang (31/1/2018) masih cenderung landai.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan kondisi masih cenderung aman dan tidak ada gelombang tinggi.

“Aktivitas masih normal disini, ketinggian ombak hanya satu sampai dua meter saja. Masih banyak wisatawan yang keluar masuk juga,” ujarnya, Selasa (31/1/2018).

Dia mengatakan kurang begitu mengetahui juga nantinya apakah efek dari fenomena Blood Blue Moon akan berpengaruh ke tinggi gelombang atau tidak.

“Dari kami belum ada secara khsuus himbauan. Kalau dampaknya seperti apa fenomena itu, kami belum tahu informasinya seperti apa. Jadi saat ini kami gak ada kiat khusus. Saat ini masih normal,” ujarnya.

Senada dengan Suris, Ketua Kelompok Nelayan Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Sumardi mengatakan gelombang di laut masih landai. Hanya saja nelayan memang sudah tidak melaut beberapa hari terakhir, karena tidak ada ikan.

“Sudah beberapa hari ini para nelayan tidak melaut, pertama karena memang baru tidak ada ikan, selain itu juga angin sedang tidak bagus,” ujarnya.

Dia mengatakan sebenarnya, meski cuaca sedang tidak baik, tetapi ada ikan. Para nelayan tetap akan melaut. “Ya pekerjaannya nelayan daripada menganggur ya beberapa tetap melaut meski cuaca buruk. Tapi kalau ada ika , kalau enggak ada ya tidak berangkat. Rugi dibahanbakar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya