SOLOPOS.COM - Salah satu warga panik ketika ombak mendadak naik hingga tempatnya berdiri, Pantai Glagah, Rabu, (8/6/2016). Banjir yang disebabkan gelombang pasang air laut terjadi di kawasan wisata Pantai Glagah sejak pukul 09.00 pagi. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Saat ini gelombang laut mencapai tujuh meter atau lebih tinggi dibandingkan pada Rabu (8/6/2016) yang berkisar lima hingga enam meter.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo, menetapkan Siaga 1 menghadapi gelombang pasang yang menerjang kawasan pantai selatan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Kepala BPBD Kulon Progo Gusdi Hartono, Kamis (9/6/2016), mengatakan saat ini gelombang laut mencapai tujuh meter atau lebih tinggi dibandingkan pada Rabu (8/6) yang berkisar lima hingga enam meter.

“Kami telah menerima pemberitahuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta yang menyatakan gelombang pantai selatan sangat tinggi hingga empat hari ke depan,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengataian dampak gelombang tinggi laut selatan dirasakan di empat wilayah selatan Kulon Progo, di antaranya Pantai Trisik, Bugel, Glagah, dan Congot.

Di daerah Bugel, gelombang pasang merusak lahan pertanian, warung-warung, dan menara mercusuar. Di Trisik tujuh perahu terkena ombak dan rusak, lima tambak juga kena tapi udangnya bisa diamankan, sedangkan di Glagah merendam lapak-lapak pedagang. Ada puluhan lapak dan kios yang terendam.

“Kami terus melakukan pemantauan. Sekali lagi kita berhadapan dengan alam, dan pada umumnya kami tidak bisa berbuat banyak. Saat ini hanya mencoba mengantisipasi jangan sampai ada korban jiwa, dan kalau bisa mengurangi nilai kerugian material,” katanya.

Ketua Tagana Dinas Sosial DIY Doni Kristanto mengatakan sejak Rabu (8/6), pihaknya melakukan pemantauan di seluruh pantai di DIY, meliputi Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo.

Sampai saat ini, tidak ada korban jiwa, sedangkan gelombang pasang baru merusak bangunan fisik dan menyebabkan kerugian materiil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya