SOLOPOS.COM - Salah satu nelayan meninjau pondasi mercusuar di Pantai Bugel, Panjatan ambrol akibat tersapu ombak setinggi 8 meter, Rabu (25/5/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Gelombang tinggi Pantai Selatan menimbulkan sejumlah kerusakan di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pondasi mercusuar di bibir Pantai Bugel, Panjatan ambrol diterpa ombak setinggi delapan meter selama beberapa hari belakangan. Kejadian tersebut merupakan pertama kalinya sejak mercusuar tersebut pertama digunakan sejak 12 tahun lalu.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Maryanto, salah satu nelayan di pantai tersebut mengatakan ombak besar mulai mencapai puncaknya sejak Minggu (22/5/2016) lalu. Ombak mencapai ketinggian 7-8 meter dan menyapu dua baris tanaman yang ada di tepi pantai. Ribuan tanaman pandan dan cemara laut tersebut terbawa ombak dan menyebabkan abrasi yang menggerus bibir pantai.

Selain itu, pondasi mercusuar setinggi tiga meter tersebut juga ambrol di disapu ombak Selasa (24/5/2016) pagi.

“Paginya sebelah timur terbawa ombak, malamnya yang sebelah barat juga,”ujarnya, Rabu (25/5/2016). Dinding pagar dan lantai mercusuar tersebut rusak parah dan rawan ambruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya