SOLOPOS.COM - warga menyaksikan fenomena gerhana matahari total dengan menggunakan film fotografi. (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Gerhana matahari total ternyata berkaitan dengan perilaku makhluk hidup.

Harianjogja.com, JOGJA-Pengamatan gerhana oleh tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Pusat Studi Astronomi UAD akan menjadi bahan penelitian yang lebih luas.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Kepala Hubungan Masyarakat UAD Dewi Soyusiawati pada Kamis (10/3/2016) mengatakan dalam gerhana matahari total kali ini, terdapat dua tim, satu tim mengamati matahari di Jogja dan yang lain di Ternate.

Tim ini, terkhusus yang berada di Ternate bukan hanya mengamati fase gerhana matahari, mulai sejak matahari masih bersinar dengan utuh, hingga tertutup oleh bulan. Melainkan juga mengamati pengaruh terjadinya gerhana matahari, terhadap perilaku hewan, kondisi hewan dan tanaman.

“Jadi hasilnya bukan hanya bermanfaat bagi dunia astronomi, melainkan lebih luas dari itu, lingkungan, tanaman bahkan perilaku makhluk lainnya,” ungkapnya di sela audiensi bersama Harian Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya