SOLOPOS.COM - 100513-Harian Jogja-Mengamati Gerhana Matahari-04

Gerhana matahari total akan diobervasi

Harianjogja.com, JOGJA – Pusat Studi Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (Pustron UAD) Yogyakarta akan melakukan observasi gerhana matahari di Yogyakarta dan Ternate, Maluku Utara, pada 9 Maret 2016.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Untuk itu, Pustron UAD membentuk Tim Gerhana (Tiger) 2016. Tim akan bertugas di dua lokasi yakni di Kampus IV UAD Yogyakarta dan Masjid Al Munawwar Ternate,” kata Kepala Pustron UAD Yudhiakto Pramudya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (5/3/2016).

Menurut dia, tim Yogyakarta akan melakukan observasi gerhana matahari sebagian, edukasi, dan salat gerhana, sedangkan tim Ternate akan melakukan observasi gerhana matahari total, edukasi, dan salat gerhana.

“UAD tergabung dalam Panitia Nasional Gerhana Matahari Total 2016 yang dipimpin Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan). Tiger UAD terdiri atas tujuh dosen peneliti, tiga asisten peneliti, dan sejumlah mahasiswa,” katanya.

Ia mengatakan sebagian masyarakat masih belum mendapatkan informasi yang tepat mengenai gerhana matahari. Untuk itu, UAD bersama institusi lain dan kelompok astronomi amatir yang tergabung dalam Panitia Nasional Gerhana Matahari Total 2016 melakukan sosialisasi dan edukasi.

“Kegiatan itu termasuk cara aman mengamati gerhana matahari dan penelitian yang bisa dilakukan,” kata dosen Jurusan Fisika UAD itu.

Menurut dia, tidak ada yang perlu ditakutkan pada perstiwa gerhana matahari dan tidak berkaitan dengan nasib buruk. Untuk itu, shalat gerhana dituntunkan untuk umat Islam untuk mensyukuri kebesaran-Nya.

“Pustron UAD bekerja sama dengan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah melakukan serangkaian kegiatan untuk memberikan pencerahan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya