SOLOPOS.COM - Bupati Gunungkidul Sunaryanta meresmikan objek wisata Gunung Gigrak pada Minggu (16/4). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Tempat wisata Gunung Grigak yang ada di Padukuhan Semoyo, Kalurahan Semoyo, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diresmikan dan mulai dibuka untuk masyarakat. Tempat wisata ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menkudung semangat dan kemauan warga Padukuhan Semoyo dalam memanfaatkan potensi alam di daerah itu.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Hal seperti ini yang kami sukai, menggali dan memanfaatkan sebaik mungkin potensi yang ada di daerah,” kata dia.

Sunaryanta berharap masyarakat bisa mengelola tempat wisata baru ini dengan baik supaya potensi tersebut bisa dikelola warga sekitar dan tidak jatuh di tangan orang asing.

“Sebuah langkah yang bagus, dibuka dulu nanti sambil jalan terus berbenah dan menjadi bagus,” jelasnya.

Lurah Semoyo, Sudari, mengatakan objek wisata Gunung Grigak merupakan inisiatif dari masyarakat untuk memanfaatkan potensi lokal.

“Untuk biaya pembangunan ini sendiri kita iuran Kelompok Sadar Wisata [Pokdarwis] Kalurahan Semoyo dan warga Semoyo,” katanya.

Ia juga berharap dengan dibukanya tempat wisata ini dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat sekitar.

“Selain objek wisata Gunung Grigak, kita juga ada wisata Off Road Jeep lintas alam dan susur sungai,” katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono berharap objek wisata Gunung Grigak ikut menambah pilihan bagi wisatawan yang akan berlibur ke wilayah ini. Selain itu, pada Lebaran nanti bisa menjadi alternatif lain selain objek wisata pantai.

“Kami berharap masyarakat mengelola objek wisata Gunung Grigak secara maksimal sehingga menjadi tujuan wisata di Gunungkidul yang banyak dikunjungi wisatawan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya