SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pembeli Bensin JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe

Foto Ilustrasi Pembeli Bensin
JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe

GUNUNGKIDUL—Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi ESDM (Disperindagkop ESDM) Gunungkidul mulai pasang ancang-ancang untuk mengantisipasi kemungkinan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) akibat rencana kenaikan harga. Mereka mengawasi penjual bensin eceran untuk menghindari kemungkinan itu.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Mineral Gunungkidul Pramudji Ruswandono, Rabu (24/4), mengatakan selama ini terus mengawasi pedagang bensin eceran. Menurutnya pengawasan dilakukan dengan menentukan batas maksimal pembelian bensin untuk pedagang eceran.

Pramuji menjelaskan, sesuai peraturan, pedagang eceran dibatasi membeli bahan bakar sebanyak 20 liter per hari. Berdasarkan peraturan itu, hingga kini pihaknya belum menemukan indikasi pelanggaran yang dilakukan pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau pedagang eceran.

“Semua aman dan terkendali. Kenaikan harga itu baru isu sehingga tidak terlalu mempengaruhi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, pengawasan terhadap kemungkinan upaya penimbunan juga dilakukan Polres Gunungkidul. Polres Gunungkidul. Polisi menyebarkan anggotanya di delapan SPBU yang ada di Gunungkidul untuk melakukan pengamanan.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ihsan Amin mengatakan, pihaknya akan menurunkan setidaknya dua personel di masing-masing SPBU untuk tindakan pengamanan.

Selain itu, Ihsan juga mengatakan pihaknya terus menelusuri berbagai kemungkinan upaya penimbunan. Dia mengatakan, tindakan pengamanan diperlukan agar tak ada kekacauan akibat isu kenaikan harga bahan bakar minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya