SOLOPOS.COM - Ceceran sampah di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Solopos.com, BANTUL — Tingkat kesadaran wisawatan di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih rendah. Hal itu terbukti masih banyaknya wisatawan yang membuang sampah sembarangan di kawasan pantai.

Padahal, pengelola Pantai Parangtritis telah menyediakan tempat sampah di setiap titik kawasan pantai.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Parangtritis, Tri Waldiyanto, mengatakan libur Natal dan Tahun Baru yang berbarengan dengan masa libur sekolah kali ini memang membuat lonjakan kunjungan wisata di kawasan Parangtritis. Namun, lonjakan wisatawan ini juga menyebabkan adanya lonjakan sampah.

Pihaknya telah mengamati secara langsung di area wisata dan menemukan bahwa tingkat kesadaran wisatawan masih sangat rendah dalam hal membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Setelah libur Natal tahun ini, banyak sampaj yang ditemui di sepanjang bibir pantai dan memang lumayan banyak sampah-sampah yang berceceran.” jelas Tri, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Jalan Terlalu Gelap, Mobil Terjun ke Sendang Ngembel Bantul

Tri menyampaikan setiap Jumat, pihaknya juga bergotong royong untuk membersihkan sampah di areha pantai. Ia mengimbau kepada wisatawan yang berkunjung di Pantai Parangtritis untuk bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan sekitarnya.

“Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan atau mengumpulkan sampah pada satu titik yang nanti bakal diangkut oleh pihak kami. Jangan membuang sampah sembarangan ke pinggir pantai,” jelasnya.

Meski ada petugas yang membersihkan dan membawa sampah ke TPS, lanjut dia, faktanya saat liburan sepertini proses pengangkutan kerap tersendat. Hal ini karena saat hari Minggu, petugas pengambil sampah libur bekerja.

“Saat Minggu banyak wisatawan yang datang, sehingga banyak pula sampah yang dihasilkan. Sayangnya dari pihak pengangkut, saat Minggu pasti libur. Jadi sampah menumpuk,” kata Tri.

Baca Juga: 253 Anak di Sleman Ajukan Nikah Dini, Sebagian Besar karena Hamil di Luar Nikah

Dia tak menampik, banyaknya wisatawan yang berkunjung, tentu memiliki kesadaran yang berbeda-beda terkait dengan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk itu, dia berharap dengan semakin berkembangnya Pantai Parangtritis, maka semakin berkembang pula kesadaran masyarakat dan wisatawan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Parangtritis Penuh Sampah saat Liburan, Wisatawan Diminta Jaga Kebersihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya