SOLOPOS.COM - Ilustrasi Benih bening lobster. (ANTARA/HO-KKP.)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Harga benih bening lobster (BBL) atau benur di tingkat nelayan di Kabupaten Gunungkidul anjlok. Saat ini harga benur hanya Rp5.000 per ekor.

Padahal, melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 24/2024 tentang Harga Patokan Terendah Benih Bening Lobster (puerulus) di Nelayan, harga patokan terendah per ekor BBL di tingkat petani sebesar Rp8.500. Penetapan harga tersebut mempertimbangkan biaya variabel produksi, biaya tetap produksi, dan margin keuntungan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Gunungkidul, Wahid Supriyadi, mengatakan harga BBL memang tidak dapat diprediksi. Fluktuasi tersebut tidak dapat diintervensi. Menurut dia, mekanisme pasar BBL berbeda dengan komoditas laut lain.

Wahid menerangkan komoditas BBL menguntungkan ketika harga di tingkat paling tinggi. Proses menangkap BBL pun hanya perlu karung goni dan senter. Dalam satu kali pendaratan, nelayan mendapat hingga 1.000 ekor.

“Perhitungan potensi BBL dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mencapai 55 juta sepanjang WPP [Wilayah Pengelolaan Perikanan] 573 yang dimulai dari Banten hingga Flores,” kata Wahid ditemui di kantornya, Rabu (15/5/2024).

Wahid menegaskan bahwa topografi kawasan pantai Gunungkidul yang terdiri dari perbukitan dan karang membuat kualitas BBL masuk ketegori tinggi lantaran habitat lobster terjaga

Dia juga menanggapi kasus penyelundupan BBL yang baru-baru ini terjadi termasuk di Kulonprogo. Wahid menegaskan pengawasan terhadap aktivitas penangkapan di laut dilakukan oleh Pemda DIY.

Pada 3 April 2023 di Pelabuhan Sadeng, melalui operasi tangkap tangan (OTT), DKP DIY berhasil menangkap distributor BBL yang kedapatan membawa 4.822 BBL jenis pasir dan mutiara tanpa izin.

“Nanti kami juga akan mendampingi Bupati Gunungkidul untuk diskusi dengan KKP terkait prospek pengelolaan BBL dan lobster,” katanya.

Dia berharap, diskusi tersebut dapat memunculkan kemungkinan pembiayaan BBL dengan dukungan KKP.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Harga Benur Anjlok, Pemkab Gunungkidul Beberkan Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya