SOLOPOS.COM - Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokoko untuk komoditas cabai mencapai Rp60.000 per kg

Harianjogja.com, JOGJA–Harga cabai masih melambung tinggi lantaran pasokan yang terbatas. Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga dua bulan ke depan.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Lurah Pasar Beringharjo Timur Sumarno menjelaskan, harga cabai merah besar saat ini masih Rp60.000 per kg, sedangan cabai merah keriting Rp55.000 per kg. Harga cabai rawit merah juga naik menjadi Rp48.000 per kg dan cabai rawit hijau Rp30.000 per kg. “Kenaikan harga cabai ini karena stoknya berkurang,” papar dia, Jumat (4/10/2016).

Ia menyebutkan, berkuranganya stok cabai disebabkan kondisi cuaca yang terlalu banyak hujan. Selain itu, hasil panen mulai menipis sehingga harga di pasar terkerek naik. Adapun pasokan cabai di DIY berasal dari Muntilan, Magelang dan Kulonprogo. “Kondisi ini saya perkirakan masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan,” ungkap dia.

Selain cabai, harga bawang merah juga cukup tinggi. Saat ini, harga bawang merah di Pasar Beringharjo sebesar Rp37.000 per kg untuk bawang merah lokal. Sementara itu, bawang merah impor dari Peking dijual seharga Rp21.000 per kg. “Pasokan bawang merah di DIY ini berasal dari Kulonprogo, Mojokerto, dan impor dari Peking,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya