SOLOPOS.COM - Ilustrasi bawang putih. (JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman)

Harga kebutuhan pokok untuk komodiats bawang putih melebihi bawang merah

Harianjogja.com, JOGJA-Bawang putih yang harganya biasanya di bawah bawang merah, kini mulai melampaui dengan selisih Rp5.000. Pedagang mengklaim tingginya salah satu kebutuhan dapur ini dikarenakan minimnya pasokan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Pekan lalu, baik bawang putih maupun bawang merah sama-sama berada di harga Rp30.000 per kg. Namun, menjelang akhir pekan ini, bawang putih masih bertahan sementara bawang merah mulai turun menjadi Rp25.000 per kg.

Seperti terlihat di Pasar Demangan Jogja, Jumat (22/1/2016), pedagang menjual bawang putih dengan harga yang relatif tinggi.

“Biasanya [bawang putih] lebih murah dari bawang merah. Sekarang saingan,” kata Sri Lestari, salah satu pedagang di pasar tersebut, Jumat (22/1/2016).

Biasanya bawang putih hanya dijual di kisaran Rp15.000 per kg.

Ia sendiri tidak tahu-menahu dari mana asal bawang putih yang dijualnya. Ia hanya dipasok distributor bawang putih. Kata penyetornya, kata Sri, stok bawang putih sedang menipis. Hal inilah yang kemungkinan memicu tingginya harga salah satu bahan masakan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya