SOLOPOS.COM - Harga cabai kembali mengalami kenaikan, Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (7/7/2015). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas cabai bergerak naik

Harianjogja.com, JOGJA—Sempat anjlok pada November lalu, kini harga cabai kembali beranjak naik. Kenaikan harga komoditas cabai mencapai 10% awal Desember ini.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dari pantauan Harian Jogja, harga komoditas cabai merah keriting saat ini dipatok Rp23.700 per kilogram (kg) atau naik Rp3.000 dibandingkan akhir November lalu.

Begitu pula dengan cabai merah besar melonjak dari Rp10.000 per kg menjadi Rp13.000 per kg. Sementara, untuk harga cabai rawit hijau naik dari Rp25.000 menjadi Rp27.000 per kg sedangkan cabai rawit merah naik dari Rp19.000 menjadi Rp22.000 per kg.

Menurut penuturan dari sejumlah pedagang, menaikan harga cabai tersebut terjadi karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Sementara pasokan cabai masih terbatas karena musim hujan.

“Sudah sepekan ini naik. Kenaikan antara Rp1.000 per dua hari kadang per hari. Tapi pasokan masih ada meskipun tidak banyak seperti bulan lalu. Mungkin selama musim hujan naik, tergantung ada tidaknya barang,” kata Prapti, salah seorang pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Jumat (4/12/2015).

Faktor lain yang? menyebabkan harga komoditas ini naik, katanya, karena kebutuhan perayaan pergantian tahun. Menurutnya, permintaan cabai diprediksi akan terus naik sejalan banyaknya wisatawan yang masuk.

“Kalau banyak wisatawan yang masuk, warung-warung makan biasanya menambah stok. Biasanya banyak wisatawan ke Jogja untuk merayakan pergantian tahun baru? sehingga kemungkinan harga kembali naik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya