SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga kebutuhan pokok cabai masih cukup tinggi

Harianjogja.com, SLEMAN– Harga cabai naik di wilayah Sleman dijual Rp90.000 per kilogram. Cuaca buruk dan permintaan yang tinggi selama libur akhir tahun menjadi penyebabnya.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Harga cabai rawit di Pasar Sleman dan Denggung dijual antara Rp80.000 hingga Rp90.000 per kg. Menurut penuturan sejumlah pedagang, kenaikan harga tersebut terjadi sejak sebelum perayaan Natal. Menurut pedagang, harga cabai saat ini sebenarnya sudah mulai turun.

“Sehari sebelum natalan harganya sudah Rp70.000 per kg. Harganya terus naik. Sehari sebelum tahun baru dijual Rp100.000 per kg,” kata Winarni, pedagang sayur di Pasar Sleman, Rabu (4/1/2017).

Jika cabai rawit kualitas baik dijual dengan harga Rp90.000 per kg, katanya, harga cabai merah keriting saat ini juga mencapai harga Rp 50.000 per kg. Adapun harga cabai hijau yang dijual Rp45.000 per kg. Dia mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut disebabkan pasokan cabai terbatas. Tingginya harga komoditas tersebut juga menyebabkan penjualannya turun.

“Semua jenis cabai harganya memang naik karena stoknya sedikit. Cuacanya tidak bagus,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya