SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi gula jawa. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga kebutuhan pokok ada yang naik dan ada yang turun.

Harianjogja.com, JOGJA-Pekan ini harga komoditas makanan sehari-hari cenderung stabil. Hanya, harga gula mengalami kenaikan.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Demangan Ita mengatakan, komoditas bahan pangan yang justru mengalami kenaikan hanya gula jawa dan gula pasir.

“Gula jawa naik Rp14.000 jadi Rp16.000 dan gula pasir Rp12.000 jadi Rp13.000. Lainnya stabil,” kata dia, Jumat (15/1/2016).

Komoditas bawang merah dijual dengan harga Rp30.000 per kg dan bawang putih hampir sama yakni Rp30.000 per kg. Sementara minyak curah Rp140.000 per 17 liter, telur stabil di harga Rp23.500, tepung terigu Rp7.000 per kg, beras C4 Rp9.500 dan beras mentik wangi Rp11.000 per kg. Komoditas daging sapi baik di Pasar Beringharjo maupun Demangan terpantau stabil. Daging sapi kelas I dijual dengan harga Rp120.000 per kg dan kelas II Rp110.000 per kg.

Menanggapi harga komoditas di pasaran, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Eko Witoyo mengatakan, khusus komoditas hasil pertanian seperti cabai dan bawang merah memang menyesuaikan siklus. Ada siklus tanam dan siklus panen.

“Memasuki masa panen sekitar Maret April nanti tentu harganya akan turun,” kata dia.

Oleh sebab itu, pasca tahun baru seperti sekarang ini tidak dapat dipastikan semua harga komoditas akan turun.

“Tergantung komoditasnya,” ujar dia.

Sementara harga daging ayam yang saat ini masih tergolong tinggi, lanjutnya, disebabkan kekurangan stok di DIY. Namun, pedagang mampu mengatasi dengan mengambil pasokan dari luar DIY seperti Kebumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya