SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok jenis cabai di Jogja merangkak naik

Harianjogja.com, JOGJA- Harga komoditas cabai di sejumlah pasar tradisional di Jogja, naik. Kenaikan harga komoditas ini terjadi setiap hari. Saat ini, harga cabai merah kriting misalnya dipatok Rp25.000 per kg.?

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

?Salah seorang pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Suryani mengatakan, harga cabai naik signifikan. Harga cabai merah keriting saat ini dijual Rp25.000 per kg dari sebelumnya Rp24.000 per kg.

“Rata-rata naik antara Rp500 hingga Rp1.000 perkg. Produksinya mulai terbatas karena musim pancaroba, jadi harga cabai naik,” ujarnya di sela berdagang, Senin (8/6/2015).

Tidak hanya cabai merah kriting, kenaikan juga dialami ?cabai merah besar naik dari Rp20.000 menjadi Rp23.000 per kg, cabai rawit merah naik dari Rp20.000 menjadi Rp24.000 per kg. Sementara, untuk harga bawang merah stabil tinggi antara Rp32.000 hingga Rp35.000 per kg dan bawang putih rata-rata Rp22.000 per kg.

Menurut pedagang lain, Suyanto, harga sayur-mayur memang banyak dipengaruhi faktor musim. Produktifitasnya bisa menurun lantaran suhu udara tidak normal. “Padahal permintaan cabai atau bawang cenderung naik mendekati bulan Ramadan,” tandasnya.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop dan UKM DIY, Eko Witoyo mengakui, jelang puasa? sejumlah harga komoditas menunjukkan fluktuasi harga. Fluktuasi harga paling menonjol terjadi untuk komoditas cabai, bawang, daging ayam broiler dan telur ayam ras, sedangkan komoditas sembako lainnya mengalami kenaikan tipis.

“Kami melihat harga komoditas cabai mengalami kenaikan drastis, disusul harga komuditas bawang merah. Selain itu, komoditas ayam broiler juga naik hingga Rp31.000 per kg dan telur ayam ras Rp21.000 per kg,” tutup Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya