SOLOPOS.COM - Kondisi SPBU di Pantai Ngrenehan, Saptosari terlihat tak terawat dan mangkrak. Dampak tak beroperasinya SPBU itu membuat nelayan harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendapatkan BBM. Sabtu (18/1/2015). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Tidak adanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan pesisir membuat harga eceran bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite melonjak

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —Tidak adanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan pesisir membuat harga eceran bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite melonjak. Untuk berlayar nelayan harus membeli pertalite Rp11.000 per liter.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Salah seorang nelayan asal Dusun Sawahan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Samto mengatakan melonjaknya harga pertalite sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Harga pertalite yang ditetapkan pemerintah yakni Rp8.500 per liter telah melonjak tinggi ditingkat pengecer mencapai Rp11.000 per liter.

Menurutnya hal itu terjadi lantaran tidak adanya SPBU di wilayah pesisir, yang dapat dijangkau langsung oleh nelayan. “Kalau ada SPBU di kawasan pesisir, pasti harga pertalite bisa terjangkau dan tidak semahal sekarang,” ungkapnya, Minggu (6/8/2017).

Bersama dengan sekitar 100 rekannya sesama nelayan di Pantai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, untuk pergi melaut harus merogoh koceknya lebih dalam. Pasalnya untuk sekali melaut rata-rata BBM jenis pertalite yang dibutuhkan sekitar 10 hingga 15 liter. Atau minimal mereka membutuhkan Rp110.000 untuk membeli BBM dalam sekali melaut.

Biaya yang terlalu tinggi untuk operasional yang tinggi tersebut semakin mempersulit mereka untuk mencari penghasilan di tengah gelombang laut yang sering tidak bersahabat. Hal itu kemudian membuat sejumlah nelayan memilih untuk tidak melaut untuk sementara waktu. “Dari sekitar  50 kapal [jukung], hanya sekitar 30 kapal saja yang melaut,” kata dia.

Samto berharap, kesulitan nelayan mendapatkan perhatian dari pemerintah melalui instansi terkait. Ketersediaan BBM dengan harga terjangkau tentu sangat dirindukan sehingga kedepan tingkat ekonomi nelayan menjadi lebih baik.

“Namun kami sadar, setiap pekerjaan selalu ada resiko. Hanya saja sangat disesalkan, resiko merugi kami berasal dari mahalnya bahan bakar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya