SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Salak (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga komoditas salak anjlok. Penyebabnya dikarenakan membanjirnya komoditas tersebut di pasaran

 

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Harianjogja.com, SLEMAN– Harga komoditas salak anjlok. Penyebabnya dikarenakan membanjirnya komoditas tersebut di pasaran. Saat ini harga salak berkisar antara Rp1.600 perkg hingga Rp3.000 perkg.

Kondisi tersebut berlangsung lama sehingga merugikan kalangan petani salak. Untuk mengangkat kembali harga komoditas tersebut di kalangan petani, Selasa (11/7/2017) sekitar 400 petani salak dari Turi akan mendatangi Pemkab Sleman.

Kepala Desa Wonokerto Turi Tomon Haryo Wirosobo yang akan mendampingi para petani salak tersebut mengatakan kedatangan mereka ke Pemkab pagi ini bukan aksi demo. Mereka hanya ingin bersilaturahmi dengan Bupati dan meminta solusi terkait anjloknya harga salak itu.

“Jadi bukan demo tetapi silaturahmi dengan bupati mencari solusi bagaimana harga salak tidak seperti sekarang,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Senin (10/7/2017).

Tomon menjelaskan, anjloknya harga salak terjadi karena sekitar tahun 1990an pengiriman bibit salak ke luar daerah tidak terkendali. Kondisi tersebut berdampak pada harga komoditas salak petani asal Sleman. “Saat daerah lain yang menanam bibit salak asal Sleman produksi atau panen, hasilnya juga dipasarkan ke Sleman,” terangnya.

Akibat banyaknya salak pondoh yang dipasarkan di Sleman, harga komoditas tersebut pun anjlok. Harga terendah beberapa hari lalu, kata Tomon, menyentuh Rp1.600 perkg. Harga tersebut sangat tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani. Padahal, salak pondoh asli Sleman satu-satunya salak yang sudah mengantongi HAKI.

Salah seorang petani Anhar Widodo, warga Dusun Gabugan, Donokerto, mengatakan, selain kesulitan pemasaran harga jual produk salak asli Sleman juga tidak sebanding dengan harga salak pondoh kiriman dari luar daerah.

Kondisi tersebut berdampak sampai saat ini petani tidak bisa menikmati hasil panennya. “Bahkan pada Maret lalu harga jual salak Rp900 per kg. Ini karena membanjirnya komoditas salak di pasaran saat panen,” keluhnya.

Hal senada disampaikan Prayitno warga Arjosari Wonokerto. Menurutnya, meski sama-sama salak pondoh namun kualitas salak pondoh yang ditanam di Turi lebih baik dibandingkan dari daerah lain. Dia mengakui, jatuhnya harga salak disebabkan terjadinya panen raya tahun ini.

“Jadi produksi salak melimpah. Satu sisi, memang banyak yang beli karena pasokan melimpah. Tapi disisi lain, petani tidak bisa mendapat keuntungan karena biaya produksi lebih besar,” jelas dia.

Dia berharap, Pemkab memberikan solusi terkait masalah tersebut. Dengan begitu baik petani, pedagang maupun konsumen juga sama-sama untung menikmati panen salak. “Kalau seperti saat ini meskipun pasokan ke pedagang lancar kasihan petaninya tidak dapat menikmati hasil panen,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Solopos Hari Ini : Pertumbuhan Ekonomi Melegakan

Solopos Hari Ini : Pertumbuhan Ekonomi Melegakan
author
Rohmah Ermawati Selasa, 7 Mei 2024 - 07:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (7/5/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (7/5/2024), mengangkat headline tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2024 menunjukkan kondisi yang melegakan dengan nilai 5,11%. Kondisi ini bahkan menjadi yang tertinggi untuk periode yang sama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan pertum­buhan eko­nomi pada triwulan I di tahun-tahun sebe­lumnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2024 me­­rupakan tertinggi sejak 2015. Sebelum­nya pada triwulan I 2014 sempat tumbuh 5,12%,” kata Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti, Senin (6/5/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Secara sektoral, lanjutnya, penyum­bang utama pertumbuhan ekonomi triwulan I 2024 dari sisi produksi ber­asal dari industri pengolahan, perdagangan, pertanian, konstruksi, serta pertambangan dan penggalian.

Kelima sektor tersebut menyumbang pertum­buhan ekonomi secara positif dengan total kon­tribusi mencapai 63,61% terhadap produk domes­tik bruto (PDB), atau nilai total semua barang dan jasa yang dihasilkan pada periode tersebut.

Koran Solopos

Lebih jauh Amalia menjelaskan per­­tumbuhan ekonomi yang kuat pada triwulan pertama 2024 di­dukung oleh aktivitas produksi yang meningkat, salah satunya tercermin dari prompt manu­facturing index (PMI) atau indikator aktivitas manu­faktur dari Bank Indonesia yang tetap ekspansif sebesar 52,8% pada kuartal I/2024.

Belajar Bahasa Indonesia Lewat Video Anak dan Lagu Pop

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Melbourne, Ibu Kota Negara Bagian Victoria, Australia ke Woodend. Kota ini merupakan kota kecil, berjarak sekitar 72 km di utara Melbourne. Jalanan menuju Woodend lebar, kanan-kiri akan ditemui pepohonan rindang eucalyptus (kayu putih), dan aneka tanaman vegetasi khas Australia.

Juga akan didapati area peternakan luas di sepanjang jalan menuju kota berpenduduk sekitar 6.700 jiwa ini. Udaranya sejuk berangin. Sesekali pula kebetulan bisa ditemui kanguru yang melompat- lompat menyeberang jalan. Maklum jalanan mulus di Woodend diapit oleh hutan yang lebat.

Emagazine Solopos

Jika di Indonesia, Woodend lebih tepat disebut kawasan “pede­saannya” Victoria. Sebagian besar penduduknya, bekerja sebagai petani, peternak. Ada pula pebisnis. Bahkan, beberapa warganya ada yang belum tersentuh “dunia luar” alias belum pernah ke luar dari Woodend. Salah satu kawasan favorit Woodend untuk berlibur yakni kawasan Gunung Macedon.

Sigaret Kretek Tangan Berjaya

JAKARTA—Nilai cukai rokok rendah yang dikenakan kepada segmen sigaret kretek tangan (SKT) membuahkan pertumbuhan positif dengan bertambahnya pabrik rokok baru di berbagai daerah sehingga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Hal ini dinilai sebagai hasil pengaturan cukai yang berpihak pada segmen SKT dengan tarif paling tinggi untuk golongan I senilai Rp461 per barang/gram dengan harga jual eceran lebih dari Rp1.800 per batang/gram. Sementara, tarif cukai untuk sigaret kretek mesin (SKM) paling tinggi golongan I senilai Rp1.101 dan batasan harga jual ecerannya senilai Rp2.055 per batang/gram.

Interaktif Solopos

Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP RTMM-SPSI), Sudarto, mengatakan penyerapan tenaga kerja di industri hasil tembakau (IHT), khususnya segmen SKT, semakin bertambah pada awal 2024.

6 RS Pilot Project Prodi Dokter Spesialis

JAKARTA—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya memecahkan persoalan pemenuhan rasio kebutuhan dokter spesialis di Indonesia dengan membuka enam program studi (prodi) di rumah sakit penyelenggara pendidikan utama.

“Salah satu masalah lagi yang ada di Indonesia adalah distribusi dokter spesialis. Hampir 80 tahun Indonesia merdeka belum pernah bisa terpecahkan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta, Sabtu (4/5/2024).



Untuk bisa memenuhi kebutuhan dokter spesialis sesuai rasio yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 0,28 berbanding 1.000 penduduk di Indonesia, Budi memperkirakan butuh 15 tahun bagi Indonesia mampu memenuhinya melalui keberadaan 117 fakultas kedokteran.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (7/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Pengawasan WNA, Imigrasi Surakarta Gelar Operasi Bersandi Jagratara di Sragen

Pengawasan WNA, Imigrasi Surakarta Gelar Operasi Bersandi Jagratara di Sragen
author
Anik Sulistyawati Selasa, 7 Mei 2024 - 06:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta kembali melaksanakan operasi bersandi Jagratara untuk pengawasan warga asing di Sragen belum lama ini.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta kembali melaksanakan operasi bersandi Jagratara. Kegiatan tersebut merupakan operasi pengawasan warga negara asing (WNA) yang dilakukan secara serentak dengan kendali pusat di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi dimulai serentak pada Kamis (2/5/2024) dengan melibatkan petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) dari unit pelaksana teknis (UPT) Imigrasi di seluruh Indonesia.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Rangkaian kegiatan diawali dengan Rapat Pembukaan Pelaksanaan Operasi Jagratara yang dipimpin oleh Direktur Intelijen Keimigrasian yang diikuti oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta beserta jajaran terkait.

Setelah mendapat arahan, kegiatan dilanjutkan dengan rapat persiapan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Winarko.

Koran Solopos

“Rapat dilakukan untuk menentukan target lokasi, rencana pergerakan di lapangan serta jumlah personel. Target dan lokasi operasi dikumpulkan baik melalui hasil penelusuran maupun laporan dari masyarakat. Dari hasil rapat disepakati lokasi target kegiatan ini adalah wilayah Sragen,” ujar Winarko dalam keterangan tertulis.

Pada hari pertama pelaksanaan, operasi Jagratara dilakukan di PT Glory Industrial Semarang yang berlokasi di Kabupaten Sragen, Kamis (2/5/2024).

Perusahaan tersebut mempekerjakan 16 WNA. Pada saat operasi, petugas melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan berkeliling dengan seksama untuk memeriksa adanya potensi pelanggaran serta memeriksa dokumen keimigrasian dari masing-masing WNA tersebut yang bekerja di perusahaan tersebut.

Emagazine Solopos

Selanjutnya pada Jumat (3/5/2024), kegiatan operasi dilanjutkan di PT Seshin Sragen Indonesia di mana terdapat 4 tenaga kerja asing berkewarganegaraan Korea Selatan. Setelah dilakukan pemeriksaan maka dinyatakan dokumen masih-masing lengkap dan sah sesuai dengan izin tinggalnya.

Hasil dari operasi tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian. Selain itu juga tidak ditemukan kegiatan orang asing yang berpotensi mengganggu ketertiban umum maupun menyalahi peraturan. Walaupun tidak ditemukan pelanggaran, Kantor Imigrasi Surakarta akan terus melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di wilayah Soloraya.

“Hasil dari operasi tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian ditempat yang menjadi target operasi. Selain itu juga tidak ditemukan kegiatan orang asing yang berpotensi mengganggu ketertiban umum maupun menyalahi peraturan. Walaupun tidak ditemukan pelanggaran, Kantor Imigrasi Surakarta akan terus melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di wilayah Soloraya.” ujar Winarko.

Interaktif Solopos

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Maskapai Tambah Jumlah Armada, Harga Tiket Pesawat Diprediksi akan Turun

Maskapai Tambah Jumlah Armada, Harga Tiket Pesawat Diprediksi akan Turun
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Selasa, 7 Mei 2024 - 06:06 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat terbang. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkirakan harga tiket pesawat akan segera turun menyusul langkah maskapai penerbangan dalam menambah jumlah pesawat.

Dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (6/5/2024), Sandiaga memprediksi harga tiket pesawat akan turun di paruh kedua tahun ini.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

“Terkait dengan tiket pesawat mahal sudah mulai tertangani. Maskapai pesawat menambah jumlah pesawat dan jumlah penerbangan, dan kami prediksi pada paruh kedua tahun ini harga tiket mudah-mudahan bisa lebih terjangkau,” ujar dia.

Sandiaga mengakui bahwa harga tiket pesawat yang mahal masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diatasi, mengingat banyaknya keluhan masyarakat tentang tingginya harga tiket pesawat.

Koran Solopos

Ia mengatakan Pemerintah akan terus memantau perkembangan harga tiket pesawat dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan harga tiket tetap terjangkau bagi masyarakat.

“Tapi memang PR tiket pesawat ini akan terus kami tangani. Mudah-mudahan bisa kami atasi dengan penambahan jumlah pesawat,” ucapnya.

Harga tiket yang terjangkau ini juga penting, apalagi Pemerintah menargetkan 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1,25–1,5 miliar perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2024.

Emagazine Solopos

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Maret 2024 mencapai 1,04 juta kunjungan.

Angka ini naik 19,86 persen dibandingkan Maret 2023, tetapi turun 1,91 persen dibandingkan Februari 2024.

Meski demikian, total jumlah wisman pada bulan Januari—Maret 2024, yang mencapai 3,03 juta kunjungan, justru meningkat 25,43 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories