SOLOPOS.COM - Ilustrasi tv analog yang harus menggunakan STB agar masih bisa siaran. (Freepik).

Solopos.com, JOGJA — Harga set top box (STB), peralatan untuk menangkap siaran televisi (tv) digital di Kota Jogja dan sekitarnya saat ini semakin mahal. Kondisi itu membuat sebuah stasiun televisi nasional pun berinisiatif membagi-bagikan STB kepada warga Jogja secara gratis.

Seperti diketahui, pemerintah secara resmi telah menghapus siaran tv analog menuju digital. Kebijakan itu pun membuat banyak warga yang kesulitan menyaksikan siaran televisi karena belum memilik STB.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Selain harganya cukup mahal, STB di Jogja pun sempat mengalami kelangkaan. Stok STB di sebagian besar toko lebih cepat habis. Selain itu, kisaran harganya pun masih tergolong tinggi, bisa di atas Rp250.000.

Meski demikian beberapa masyarakat masih belum dapat menikmati siaran televisi karena kesulitan sinyal dan tidak bisa melakukan setting tv digital. Oleh karena stasiun ANTV melakukan terobosan dengan terjun langsung ke masyarakat DIY yang siaran tv analog telah dihapus.

“Karena ada yang kesulitan melakukan setting kami bantu lewat teknisi, kemudian membagikan STB gratis untuk warga,” kata Corporate Communication ANTV, Riyandri Tjahjadi, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: STB Mahal dan Langka, Politikus Golkar Henry Indraguna Menduga Ada Penimbunan

Pembagian STB yang dilakukan ANTV itu menyaar warga yang membutuhkan namun belum terjangkau program pemerintah. Selain itu membantu warga yang belum bisa melakukan setting STB, karena memang di lapangan ditemukan ada warga yang belum berhasil.

“Bagi warga yang belum beralih ke siaran digital, kami memberikan bonus berupa STB agar dapat selalu menyaksikan program-program kami. Beberapa daerah yang telah kami kunjungi antara lain wilayah Bantul ada di Banguntapan, Sewon dan Kasihan, kemudian Sleman ada di Depok, Gamping, Ngaglik dan Mlati,” ujarnya.

Untuk mengakses siaran digital khususnya di wilayah DIY, masyarakat disarankan menggunakan STB bersertifikat dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Caranya dengan menyiapkan STB dan antena kemudian memastikan TV dalam mode AV dan dipindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB.

Baca juga: Harga STB Kian Mahal, Warga Sragen Berharap Bantuan

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB. Setelah itu menyalakan STB, jika sudah muncul menu lalu mengatur LCN dalam keadaan hidup (on) agar langsung memperoleh channel digital. Memasukkan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal, klik pencarian otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya