SOLOPOS.COM - Taman Kuliner Wonosari. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Harga tanah di Gunungkidul pada tiga desa ini diperkirakan naik tahun ini

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Nilai Jual Objek Pajak Bumi dan Bangunan (NJOP PBB) pada tiga desa di Kecamatan Wonosari diperkirakan akan mengalami kenaikan pada 2016.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sekretaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki menyatakan bahwa tiga desa ini yaitu Desa Wonosari, Desa Baleharjo, Desa Kepek.

Kemungkinan naiknya NJOP ini dilihat berdasarkan data yang didapatkan oleh DPPKAD dari sejumlah notaris, bahwa di tiga desa tersebut terjadi transaksi jual beli tanah dan bangunan dengan begitu cepat, di samping posisi tiga desa ini yang berada di tengah kota.

“Sebetulnya perbedaan antara tiga desa ini dengan desa yang lain tidak terlalu mencolok, namun memang ada perubahan nilai, saya belum bisa menyebut berapa kenaikannya. NJOP bisa naik dan bisa turun, data pada Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) tergantung realitas di lapangan,” terangnya, Jumat (15/1/2016).

Edy Basuki melanjutkan bahwa sebelum mencetak SPPT baru, pihaknya masih perlu membandingkan dengan harga tanah di tempat-tempat lainnya, selain mengamati harga pasar, DPPKAD juga masih mencermati grafik transaksi di sejumlah titik.

“Harapannya pada Februari 2016 bisa selesai pencetakannya [SPPT PBB],” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya