SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jadwal pelantikan bagi Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

Harianjogja.com, WONOSARI-Jadwal pelantikan bagi Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul terpilih dari Pilkada 2015 masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat.

Diungkapkan oleh Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul, Tudjuh Priyono mengatakan bahwa hingga kini pihaknya masih belum mendapatkan kabar dari Kementerian Dalam Negeri mengenai kepastian jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Padahal surat berisi pengajuan pelantikan, sudah diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri lewat Gubernur, sejak Senin (28/12) lalu.
“Kami juga belum mendapatkan kabar lebih lanjut dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sepertinya dalam waktu dekat nanti akan ada rapat sendiri tentang ini [pelantikan Bupati, Wakil Bupati terpilih],” ujar Tudjuh, Jumat (1/1/2016).
Hal senada juga disampaikan oleh Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Supartono. Saat dijumpai, ia hanya memastikan bahwa seluruh dokumen dan surat yang dibutuhkan untuk pelantikan bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten sudah dikirimkan lengkap ke pusat.
Hanya ia tidak dapat memastikan apakah kedua pemimpin Gunungkidul terpilih akan dilantik serentak bersama kepala daerah lain yang juga melaksanakan Pilkada 2015, atau seperti apa. Terlebih mengingat adanya gugatan hasil Pilkada dari ratusan daerah lain. Supartono menyebut, Pemkab tidak dapat melakukan banyak hal menyikapi persoalan belum jelasnya jadwal pelantikan.
“Kami sudah mengikuti ketentuan dan aturan yang menjadi tugas kami, jadi kami hanya mengunggu keputusan dari pusat saja,” terangnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya