SOLOPOS.COM - KPPS bertugas dalam PSU di TPS 32 Pakuncen, Wirobrajan, Sabtu (24/2/2024) - Harian Jogja - Lugas Subarkah

Solopos.com, JOGJA — Hasil berbeda terjadi dalam pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar di TPS 32 Pakuncen, Wirobrajan, Kota Jogja, Sabtu (24/2/2024). Jika hasil coblosan atau pemungutan suara sebelumnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, unggul, kini dalam PSU justru paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, yang meraih kemenangan.

Anggota KPPS TPS 32, Ikhsan, menjelaskan dalam PSU ini total ada 98 suara yang masuk, dengan perincian 11 suara untuk paslon Anies-Muhaimin, 49 suara untuk paslon Prabowo-Gibran dan 35 suara untuk paslon Ganjar-Mahfud. “Ada tiga suara tidak sah,” katanya.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Hasil ini berubah dari hasil pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024) lalu. Waktu itu, pemilihan presiden dan wakil presiden dimenangkan paslon Ganjar-Mahfud. “Kemarin paslon 03 yang menang, sekarang paslon 02 yang menang, berbalik,” ungkapnya.

Hasil PSU ini juga sedikit-banyak dipengaruhi oleh berkurangnya partisipasi masyarakat. Di TPS 32, terdapat sebanyak 191 pemilih. Namun, pada pemungutan suara pertama ada sekitar 140 orang yang datang memilih, sedangkan pada PSU hanya diikuti oleh 98 orang.

“Partisipasi menurun mungkin karena memang mendadak undangannya, baru H-2 dibagi. Kemudian juga tidak ada rencana untuk pemungutan suara ulang. Jadi mungkin banyak yang kerja juga, di luar kota, karena kalau tanggal 14 kemarin pas hari libur,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya