SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Putra Dalem Hamengku Buwono (HB) IX sebagai abdi dalem caos mendapatkan perhitungan honor spesial saat dibagikan honor abdi dalem yang diambil dari dana keistimewaan, Sabtu (28/12/2013) hingga Senin (30/12/2013).

Penghageng Danarto Poera Kraton (Kas Kraton), Gusti Bendara Pangeran Haryo Cakraningrat menjelaskan, sesuai aturan honor itu diberikan sesuai dengan beban pekerjaan para abdi dalem.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Rinciannya, 20% untuk abdi dalam caos (tidak aktif), sedangkan abdi dalem tepas (aktif) komposisinya menerima 80%.

Semisal ketika jajar caos, pangkat terendah abdi dalem Kraton mendapatkan Rp125.000/bulan. Maka abdi dalem berpangkat jajar tepas mendapatkan Rp875.000/bulan.

Terkecuali, Putra Dalem HB IX yang berada di Jakarta dengan status dalem caos, menurut Cakraningrat, tidak bisa diberlakukan sama dengan skema tersebut. “Hitungannya beda lagi, karena untuk Putra Dalem ada spesial privilege-lah,” ungkap dia, Sabtu (28/12/2013).

Berdasarkan penuturan Cakraningrat, mereka bekerja ketika ada upacara-upacara besar, seperti Maulud Nabi, Idulfitri, Iduladha, siraman pusaka dan labuhan saja. Namun menurut adik Sultan lain ibu itu, tidak hanya kegiatan tersebut yang mereka kerjakan. “Semua dawuh dari Sultan, termasuk mewakili undangan untuk Sri Sultan di Jakarta.”

Jumlah Putra Dalem HB IX ada sebanyak 17 orang. Menurut dia, yang laki- laki ada sebanyak 12 termasuk HB X. Seorang di antaranya adalah Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH), yakni Hadiwinoto. Sisanya adalah GBPH dengan penghitungan honor sama dengan putri- putri HB X yang menjabat di tepas, yakni Rp3,050 juta/bulan.

“Lima GBPH di Jogja, lima lainnya di Jakarta,” ungkapnya. Cakraningrat sendiri baru aktif di tepasnya pada 2007. Sebelumnya, ia juga tinggal di Jakarta, sehingga logat Jawanya sudah bercampur dengan Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya