SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca buruk. (JIBI/Solopos/Dok.)

JOGJA — Musim hujan di DIY diperkirakan akan terjadi sampai akhi Januari. Warga diimbau waspada dengan banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Demikian disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Kamis (17/1/2013). “Sampai akhir Januari masih merupakan puncak musim hujan,” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Tony Agus Wijaya seusai acara Sosialisasi Siaga Bencana Cuaca Ekstrim di Kodim 0732 Sleman, Kamis.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Menurut Tony, tingginya curah hujan bisa menimbulkan banjir dan tanah longsor. Meski curah hujan di DIY dan sekitar masih normal, kemungkinan terjadinya gangguan cuaca skala jangka pendek seperti angin kencang tetap harus diwaspadai. Potensi angin kencang masih mungkin terjadi hingga 3 bulan ke depan atau sekitar April.

“Untuk potensi terjadinya angin seperti beberapa hari terakhir ini tetap ada dan harus kita waspadai,” ungkap Tony.

Dia mengatakan khusus para nelayan di Pantai Selatan Jawa diminta untuk waspadai. Sebab ombak tinggi lebih dari 2 meter sering terjadi.

“Hasil pengamatan dari BMKG akan selalu kami informasikan ke instansi terkait dan masyarakat,” kata Tony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya