SOLOPOS.COM - Bibit tanaman (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Lingkungan Hidup (BLH) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memulai konservasi lingkungan di Rest Area Hutan Bunder Gunungkidul dalam rangka menyelamatkan habitat hewan dan pohon langka.

Kepala BLH DIY Joko Wuryantoro di Gunungkidul, Minggu (16/11/2014), mengatakan pihaknya menyerahkan sebanyak 275 batang pohon cemara udang dan empat pohon langka berupq pronojiwo, timoho, wuni, dan pucung atau kluwuk.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Kami juga melepas hewan langka seperti ular dan empat jenis burung pleci, trotoan, kutilang serta emprit,” kata Joko.

Selain di wilayah rest area, dia mengatakan BLH DIY juga dilakukan penanaman di wilayah sekitar pantai. Ada 275 batang cemara udang yang akan ditanam di Kawasan Pantai Ngrenehan dan Nguyahan.

“Pohon diserahkan kepada kelompok sadar wisata [pokdarwis] untuk ditanam di Pantai Ngrenehan dan Nguyahan,” katanya.

Ia mengatakan, peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tingkat DIY tersebut merupakan kerjasama BLH DIY dengan Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa KHLH, Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Gunung Kidul dan Kota Padi Plona Lereng Merapi Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya