SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ilustrasi

Ilustrasi

Harian Jogja.com, SLEMAN—Tiga pekan menjelang Hari Raya Iduladha, harga sapi di Sleman mulai naik. Rata-rata kenaikan harga sapi potong di tingkat pedagang mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Salah satu pedagang sapi di Pasar Prambanan, Sodikin, 55, mengatakan sejak sepekan terakhir, harga sapi naik. Kenaikan ini terjadi pada sapi jantan yang memang khusus untuk hewan kurban.

“Sejak sepekan terakhir, permintaan dari konsumen mulai meningkat. Permintaan yang banyak terutama sapi potong jantan yang siap disembelih untuk kurban seperti jenis simetal dan lokal,” kata Sodikin di Pasar Prambanan, Selasa (24/9/2013).

Sodikin mengaku harga sapi jantan menjelang Hari Raya Iduladha selalu meningkat 15% hingga 25%. Menurutnya, pada pertengahan September 2013 lalu, harga sapi usia dua sampai tiga tahun berbobot rata-rata lima kuintal masih seharga Rp10 juta – Rp11 juta per ekor.

“Namun saat ini harga per ekor bisa tembus Rp13 juta. Kenaikannya bakal terus terjadi hingga mendekati hari H nanti,” ujar Sodikin.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sleman, Widi Sutikno, mengimbau agar masyarakat lebih selektif saat membeli hewan kurban. Pihaknya akan menerjukan tim pengawasan di setiap pasar hewan dan pasar tiban.

“Tim ini akan memeriksa kesehatan setiap hewan yang dijual para pedagang. Sehingga bisa dipastikan hewan yang dijual benar-benar sehat dan bebas dari penyakit,” kata Widi.

Widi mengaku tim gabungan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bersama Fakultas Kehewanan UGM kini telah melakukan pengawasan. “Tim ini sudah mulai bekerja untuk melakukan pengawasan penyakit pada hewan kurban,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya