SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Siswa SDN Wonosari Baru patungan untuk membeli kambing kurbang yang disumbangkan ke empat masjid di Gunungkidul.

Guru Agama Islam SDN Wonosari Baru Darul Mukhlisof mengatakan, ada 315 anak yang ikut patungan membeli hewan kurban. Setiap anak, lanjut dia, menyumbangkan Rp20.000. Uang yang terkumpul pun dibelikan kambing kurban.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Dari hasil patungan, kami membelikan tiga kambing kurban. Sedangkan satunya, ada anak yang berkurban dan meminta kami menyalurkannya,” ujar dia ketika dihubungi Harianjogja.com, Jumat (3/10/2014).

Kambing yang dibeli tidak disembelih oleh pihak sekolah. Keempat kambing tersebut, akan diserahkan ke empat masjid di Gunungkidul. Ada pun masjid yang disasar berada di Wonosari, Wunung, Paliyan, dan Rongkop.

“Kami ingin mengajarkan mengenai makna berbagi kepada anak-anak. Kami ingin mengenalkan sejak dini mengenai hikmah berkurban,” ungkap dia.

Ia menambahkan setiap tahun selalu ada patungan dari anak-anak untuk berkurban. Jumlah kambing yang dikurbankan, ucap dia, bertambah setiap tahunnya. Tahun lalu, ada tiga kambing yang dikorbankan.

Kepala SDN Wonosari Baru Nunuk Sukarni mengatakan ia sangat bangga dengan kemauan anak-anak untuk berbagi pada sesama. Ia berharap jiwa kemanusiaan semakin tumbuh dalam diri anak-anak didikannya.

“Saya bertambah senang karena kami baru saja mendapatkan beberapa prestasi,” ungkap dia.

Ada pun prestasi yang dia maksud yakni juara pertama bercerita untuk guru atas nama Murningsih dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Gunungkidul. Selain itu, SDN Wonosari juga mendapatkan penghargaan Pusaka Bhakti Tama atas nama Nunuk Sukarni dari KPAD Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya