SOLOPOS.COM - Sultan Hamengku Buwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Iduladha 2015 Sultan akan menyiapkan tujuh sapi.

Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyiapkan tujuh ekor sapi untuk kurban pada Iduladha 1436 H di selutuh kabupaten dan kota di DIY dan dua masjid, yakni Masjid Gedhe Kauman dan Masjid Puro Pakualaman.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan pada Selasa (22/9/2015) di halaman Bangsal Kepatihan kepada bupati dan walikota.

“Teknis pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sapi dari Bapak Gubernur sepenuhnya diserahkan ke masing-masing panitia kurban,” kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum Humas dan Protokoler, Pemda DIY, Kamis (17/9/2015)

Iswanto mengatakan tujuh ekor sapi itu merupakan kurban atasnama Gubernur DIY.

“Kalau atas nama Sultan pribadi biasanya ada sendiri nanti dari Kraton,” ujarnya. Iswanto mengakui semua sapi dibeli melalui Protololer Pemda DIY, namun ia tidak mengetahui jumlah anggarannya untuk pembelian sapi kurban tersebut.

Hari Raya Iduladha tahun ini, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat telah menetapkan pada Kamis (24/9/2015). Ketetapan itu sesuai dengan keputusan pemerintah melalui Menteri Agama. Pada Kamis itu pula Kraton akan menyiapkan tujuh gunungan dalam acara Grebek Besar Kraton.

Iswanto mengatakan lima gunungan akan dikirim ke Masjid Gedhe Kauman. Kelima gunungan itu adalah gunungan lanang, wadon, pepak, darat, dan pawuhan. Sementara dua gunungan lainnya masing-masing akan dikirim ke Puro Pakualaman dan Pemda DIY.

“Kirab gunungan akan dikawal oleh prajurit berpakaian adat jawa dan empat ekor Gajah,” papar Iswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya