SOLOPOS.COM - Kurban SDN Pasar Kliwon 1, Senin (6/10/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Iduladha 2015 ini diikuti 53.000 orang di Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN – Kantor Wilayah Kementrian Agama Sleman memprediksi lebih dari 53.000 warga Sleman yang menjadi sohibul kurban dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 2015. Selain itu meski pasaran ternak tengah lesu, Kemenag Sleman memperkirakan adanya kenaikan jumlah hewan kurban dari tahun sebelumnya.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Sleman Nur Huda menjelaskan pihaknya memperkirakan adanya kenaikan baik hewan kurban maupun jumlah pekurban atau sohibul kurban.

Tahun 2015 ini diperkirakan ada 7.250 ekor sapi yang disembelih meningkat dari tahun 2014 sebanyak 6.406 ekor sapi. Hal yang sama juga diperkirakan terjadi pada hewan kurban jenis kambing yang bakal mencapai 8.200 ekor naik dari tahun sebelumnya 7.878 ekor kambing. “Kami prediksikan tetap naik tahun ini,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Selasa (22/9/2015).

Sedangkan jumlah sohibul kurban juga diprediksi naik mencapai 53.000 orang baik sapi maupun kambing dari jumlah tahun 2014 mencapai 52.341 orang. Prediksi itu merupakan hasil analisa dari 1.795 titik lokasi penyembelihan hewan kurban di Sleman.

Adapan prediksi peningkatan itu, lanjutnya, dipengaruhi oleh faktor semakin meningkatnya keimanan dan kesadaran umat islam dalam berkurban serta didukung oleh kesejahteraan. “Sehingga menjadikan semakin bertambah kaum muslimin yang menyembelih hewan kurban,” ujarnya.

Soal tata cara penyembelihan pihak telah memberikan berbagai pelatihan berkali-kali hingga di bawah level kecamatan di Sleman. Karena itu, proses penyembelihan diharapkan sesuai syariat yang berlaku. “Pelatihan dari propinsi juga sudah diberikan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya