SOLOPOS.COM - Harian Jogja-Upacara Grebeg Besar

Iduladha 2015 berupa gunungan menjadi incaran pengunjung.

Harianjogja.com, JOGJA-Setidaknya tiga dari lima gunungan berisi sayur mayur dan apem yang dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, Jogja, Kamis (24/9/2015), ludes diperebutkan warga hanya dalam hitungan menit. Bahkan gunungan itu menjadi rebutan sebelum selesai didoakan oleh penghulu Kraton.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Ratusan warga sudah menunggu sejak pagi hari untuk mendapatkan bagian dari hasil bumi tersebut dengan berbagai alasan. Mulai dari mencari keberkahan, ada yang untuk sesajen. Namun ada juga untuk dimakan, bahkan ada yang hanya untuk disimpan sebagai kenang-kenangan.

Lima gunungan isi sayuran dan apem mulai dikeluarkan dari Kraton sekitar pukul 10.00 WIB. Gunungan tersebut dikawal dengan empat gajah dan ratusan prajurit Kraton. Tiga gunungan kemudian dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, Jogja. Ketiga gunungan itu dinamakan gunungan Lanang, Gunungan Putri, dan Gunungan Pepak.

Sementara dua gunungan lagi, yakni gunungan Darat dan gunungan Pawuhan diarak masing-masing ke Puropakualaman dan ke kantor Pemda DIY di Kepatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya