SOLOPOS.COM - Masyarakat muslim di pesisir pantai selatan Yogyakarta menunaikan salat Idul Adha 1436H di kawasan Pantai Trisik, Kelurahan Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo, DI. Yogyakarta, Rabu (23/09/2015). (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Iduladha 2015 di pesisir selatan, warga gelar Salat Id di Pantai Trisik

Harianjogja.com, KULONPROGO– Masyarakat muslim di pesisir pantai selatan Kulonprogo menunaikan salat Iduladha 1436H di kawasan Pantai Trisik, Kelurahan Banaran, Kecamatan Galur, Kulonprogo, DIY, Rabu (23/09/2015).

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Salat id di tempat tersebut dihadiri oleh sedikitnya 500 warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani lahan pasir.

Matahari sudah terbit ketika warga berdatangan sekitar pukul 06.00 WIB. Saat salat dimulai pukul 07.00 WIB, embun masih menyelimuti kawasan tersebut.

Mereka salat di atas pasir, berjarak beberapa puluh meter dari garis pantai, dengan alas alas berupa tikar atau kertas koran kemudian dilapisi sajadah. Tidak ada tenda yang dipasang sehingga salat digelar beratap langit.

Dalam khotbahnya, khatib sekaligus imam, Saswito mengajak umat meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Sebagian umat muslim di Indonesia hari ini sudah merayakan Hari Raya Idul Adha, sebagian lainnya baru akan merayakan pada Kamis, 24 September 2015, perbedaaan itu justru menumbuhkan toleransi dan saling menghargai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya