SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

SLEMAN-Keseimbangan alam untuk mencegah terjadinya bencana alam dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk mendalami ilmu geografi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mahasiswa Fakultas Geografi, Akhmad Darajati Setiawan menjelaskan ilmu geografi tidak hanya mengajarkan mengenai bentuk fisik muka bumi ini, juga memaparkan segala faktor risiko bencana yang dapat terjadi.

Di Indonesia, kata dia, dewasa ini mulai sering terjadi bencana alam. Sementara proses mitigasi pun sering terlambat diberikan. Atas alasan itu, ia menilai masyarakat dan pelajar perlu mendapat pelajaran geografi untuk meminimalkan faktor risiko bencana alam.

“Inilah yang mendasari kami untuk giat menyelenggarakan acara berkaitan dengan ilmu geografi. Agar pelajar sejak dini menyadari pentingnya keseimbangan alam dan membaca apa yang mungkin terjadi di masa depan,” ucap pria yang juga menjadi ketua pelaksana Olimpiade Geografi Nasional (Olgenas) di kampus setempat, Sabtu (2/1).

Acara yang berbasis pengetahuan ini, disebutnya dapat menjadi wadah sekaligus masukan bagi pelajar dan masyarakat umum untuk membaca fenomena alam yang terjadi. Seksi Usaha dana Panitia Olgenas, Prima Dinta Rahma Syam menjelaskan acara ini digelar tiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya