SOLOPOS.COM - Tumpukan sampah yang mulai meluber ke pinggir jalan di kawasan Pasar Kranggan dampak dari penutupan TPA Piyungan, Senin (24/7/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon

Solopos.com, JOGJA — Dampak dari penutupan TPA Piyungan kini sudah mulai dirasakan di Kota Jogja. Tumpukan sampah terlihat di beberapa titik di Kota Jogja, Senin (24/7/2023). Salah satunya di kawasan Pasar Kranggan, Jetis.

Sampah di kawasan itu sudah mulai meluber ke pinggir jalan dan ditutup dengan terpal, tetapi tetap menimbulkan bau yang tak sedap. Saking banyaknya tumpukan sampah, terpal yang dipakai tak lagi mampu untuk menutup.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Sementara di kawasan Pasar Lempuyangan penutupan depo sampah sudah dilakukan sejak hari Minggu kemarin. Petugas mengaku tidak tahu penutupan itu akan berlangsung sampai kapan. Hal itu membuat tumpukan sampah di pintu sisi utara pasar.

Lurah Pasar Lempuyangan, Subagyo, mengatakan para pedagang pasar diminta untuk membawa pulang sampah masing-masing lantaran depo ditutup. Kebijakan ini berlaku mulai Minggu kemarin hingga sampah-sampah diangkut oleh dinas terkait.

“Sampah yang di pintu sisi utara itu bukan dari para pedagang tapi mungkin dari warga lain atau pembeli,” kata dia.

Subagyo menyebut bahwa tidak sedikit oknum pembeli yang membawa sampah dari rumah kemudian dibuang di pasar Lempuyangan. Bahkan dirinya menemui Ketua RT setempat guna menanyakan perihal sampah-sampah yang berada di pintu utara pasar itu.

“Jawaban dari Ketua RT setempat tidak tahu-menahu soal sampah-sampah itu,” ujarnya.

Sementara Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja yang melakukan pemantauan di sejumlah depo sampah mendapati bahwa semuanya dalam keadaan tutup. Pihaknya mendesak Pemkot Jogja dalam waktu dekat menemukan lokasi tempat penitipan sampah meskipun sifatnya sementara.

“Selain itu kepada OPD terkait untuk mensosialisasikan kebijakan menahan atau membawa sampah untuk sementara waktu. Sinergitas antar OPD serta elemen masyarakat sangat perlu dilakukan agar penanganan terkait sampah segera diatasi,” kata anggota Forpi Kota Jogja Baharuddin Kamba.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul TPA Piyungan Tutup, Sampah Mulai Menumpuk di Tepi Jalan Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya