SOLOPOS.COM - Kenaikan harga ilustrasi

Kenaikan harga ilustrasi

JOGJA—Polemik harga BBM awal April lalu berpengaruh pada kondisi perekonomian sejumlah daerah. BPS DIY mencatat selama April, Kota Jogja mengalami inflasi sebesar 0,11%.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga memberikan andil positif di antaranya, besi beton dan bawang putih. Sebaliknya komoditas yang mengalami penurunan sehingga menghambat laju inflasi di antaranya, beras turun, telur ayam dan emas perhiasan.

Kepala Badan Pusat Statistik DIY,Wien Kusdiatmono mengatakan kenaikan indeks harga konsumen selain dipengaruhi kebijakan pemerintah soal kenaikan harga BBM, juga didukung turunnya harga emas dunia.

“Ini semua berdampak pada kondisi perekonomian secara nasional maupun regional,termasuk kondisi ekonomi di Kota Jogja,” terang Wien saat penyampaian berita resmi statistik di kantor BPS DIY, Selasa (1/5).

Namun dibandingkan dengan kondisi nasional, inflasi Kota Jogja masih berada di bawahnya. BPS mencatat, inflasi nasional selama April mencapai angka 0,21%.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya