SOLOPOS.COM - Parkir Membludak (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Info lalu lintas di Jogja, pada malam tahun baru di Jalan Malioboro, parkir kendaraan roda dua akan dialihkan ke Taman Parkir ABA

Harianjogja.com, JOGJA- Parkir kendaraan bermotor roda dua di Jalan Malioboro Jogja sisi timur akan dialihkan untuk sementara ke Taman Parkir Abu Bakar Ali selama malam Tahun Baru 2016.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Selama 1×24 jam terhitung 31 Desember 2015 pukul 06.00 WIB hingga 1 Januari 2016 pukul 06.00 WIB, parkir roda dua di Malioboro dialihkan ke Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA),” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh, baru-baru ini.

Menurut dia, relokasi sementara parkir roda dua Malioboro ke ABA dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih maksimal kepada pejalan kaki yang diperkirakan akan memenuhi Malioboro untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Kami perkirakan, masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Malioboro akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Apalagi libur panjang tahun ini bersamaan dengan libur sekolah,” katanya.

Pemindahan sementara lokasi parkir tersebut diyakini Syarif sebagai strategi baru yang diambil guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.

“Tahun sebelumnya, kami hanya melakukan penutupan jalan saja tanpa memberikan alternatif parkir. Tetapi untuk tahun ini sudah ada tempat yang disiapkan,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, kebijakan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak Pemerintah Kota Jogja dan Kepolisian Resor Kota Jogja yang akan disosialisasikan lebih intensif kepada juru parkir dan pengguna parkir yang biasanya memanfaatkan parkir di Malioboro sisi timur.

“Selain wisatawan atau pengunjung toko, ada juga karyawan toko atau tempat usaha lain di sepanjang Malioboro yang memanfaatkan parkir di sisi timur. Harapannya, mereka bisa mengetahui kebijakan ini,” katanya.

Sedangkan untuk tarif parkir yang akan diberlakukan di Taman Parkir Abu Bakar Ali adalah tarif parkir progresif yaitu Rp1.000 untuk satu jam pertama dan naik 50 persen pada tiap jam berikutnya.

Pintu masuk parkir Abu Bakar Ali berada di sisi barat. “Nanti, akan ada petugas yang mengarahkan pengunjung atau wisatawan untuk memanfaatkan parkir di lokasi tersebut,” katanya.

Tempat parkir bertingkat yang baru saja selesai dibangun tersebut mampu menampung sekitar 2.700 unit kendaraan roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya