SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Dinas Perhubungan berencana menambah lampu penerang jalan umum di sejumlah ruas jalan di Gunungkidul

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Perhubungan berencana menambah lampu penerang jalan umum di sejumlah ruas jalan di Gunungkidul. Penambahan lampu penerangan, salah satu tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan di sekitar lokasi, khususnya saat malam hari.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Syarief Armunanto mengatakan, titik-titik penambahan lampu PJU sudah dipetakan. Adapun jumlahnya mencapai ratusan titik, salah satunya berada di poros jalan Sodong, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan.

“Di titik ini akan dipasang enam lampu PJU tenaga surya,” katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (5/7/2017).

Dia menjelaskan, pemasangan lampu ini bertujuan mengurangi risiko kecelakaan khususnya saat malam hari. Rencananya penambahan fasilitas tersebut dilakukan setiap tahunnya. Namun demikian, lanjut Syarief, upaya penambahan harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi maupun pusat.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri karena ini menyangkut status jalan. Kalau jalan itu statusnya milik provinsi, maka pemasangan harus melibatkan pemprov,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah itu.

Menurut Syareif, untuk tahun ini rencananya ada penambahan PJU dari Pemerintah DIY sebanyak 52 titik dan pusat sebanyak 12 titik. Sedang untuk pemkab melakukan penambahan PJU sebanyak 93 titik yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Kami akan terus berusaha, meski sudah ada penambahan, namun jumlah itu belum mampu menerangi di seluruh wilayah,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Syarief, untuk memaksimalkan keberadaan PJU, dinas perhubungan membuat terobosan dengan melakukan kerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja.

Menurut dia, kerjasama dilakukan dengan jalan BLK membuat tiang PJU, sedang dinas menyediakan perlengkapan lainnya seperti lampu penerangan hingga masalah kelistrikan. “Sudah kami komunikasikan dan Badan Keuangan dan Aset Daerah juga telah memberikan lampu hijau untuk pelaksanaan program,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya