SOLOPOS.COM - Calon penumpang di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Otoritas Terminal Dhaksinarga Gunungkidul mendahulukan pemberangkatan bus reguler sebelum menerjunkan bus cadangan untuk mengangkut penumpang saat arus mudik Lebaran ini.

Kepala UPT Terminal Dhaksinarga Trisulo Hantoko mengakui sejak H+2 lebaran aktivitas di area terminal mengalami peningkatan. Untuk mengangkut lonjakan penumpang, armada bus Akap juga sudah mengoperasikan bus tambahan.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Hari ini (kemarin) belum ada data yang masuk, tapi sebagai gambarannya ada 39 bus yang diberangkatkan ke Jakarta,” kata dia, Jumat (1/8/2014).

Dia menjelaskan, untuk pemberangkatan penumpang, otoritas terminal memprioritaskan bus reguler untuk berangkat terlebih dahulu. Kemudian, setelah semua bus reguler berangkat, maka bus-bus tambahan akan dioperasikan.

“Biar adil kami prioritaskan yang reguler dulu. Sedangkan untuk puncak arus balik akan terjadi besok [hari ini]. Pertimbangannya, dibutuhkan waktu minimal sehari semalam untuk sampai tujuan, jadi masih ada waktu bagi penumpang untuk beristirahat ketika sampai di tujuan,” katanya.

Di PO Rosalia Indah, pada H+3 mereka hanya menerjunkan 12 armada, tapi berselang sehari, mereka menambah pengoperasian dengan 19 armada bus.

“Ada tujuh bus tambahan yang kami operasikan. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata seorang petugas PO Rosalia Indah, Anung.

Dia mengakui, bila tiket bus jurusan ke Jakarta sampai H+8 habis terjual. Tiket-tiket ini sudah termasuk dengan tujuh bus tambahan yang disediakan. “Biasanya peningkatan penumpang terjadi dua hari setelah lebaran hingga seminggu ke depannya,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya