SOLOPOS.COM - Sejumlah bus sedang antre untuk menunggu penumpang di salah satu blok di Terminal Dhaksinarga. Senin (11/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Info mudik 2016 dari Gunungkidul, Terminal Dhaksinarga masih sepi

Harianjogja.com, GUNUGNKIDUL — H-3 hari raya Idulfitri belum terlalu terlihat gelagat aktifitas yang sibuk di Terminal bus Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Gunungkidul. Terlebih pada siang hari, hanya beberapa unit bus saja yang masuk dalam terminal.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Ketua serikat pekerja unit kerja terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Budiono mengatakan belum terjadi lonjakan pemudik berturut-turut di terminal. Hanya saja pada Jumat (1/7/2016) malam lalu belasan unit bus yang datang dari berbagai kota memasuki terminal Dhaksinarga.

“Kemarin Jumat ada lebih dari 10 unit bus masuk terminal untuk menurunkan penumpang, terminal ini sampai penuh dengan orang-orang yang akan menjemput,” kata dia, Minggu (3/7/2016).

Pada Sabtu (2/7/2016) malam ia pun bersiap untuk kembali menghadapi pemudik yang datang kembali, namun ternyata hingga pukul 23.00 wib hanya beberapa unit saja yang memasuki terminal. Budi mengatakan bahwa memang kedatangan bus tidak dapat diprediksi dan tidak dikonfirmasi.

“Tidak bisa memastikan kapan bus-bus itu datang, hanya saja saya kan harus siaga disini untuk mengatur tata letak atau parkir bus maupun mobil penjemput, supaya teratur,” kata dia.

Sepinya terminal pun mempengaruhi aktivitas para penjual oleh-oleh maupun makanan ringan. Ia mengatakan bahwa para pedagang tidak selalu buka setiap hari. Tergantung kondisi, apabila ramai seluruh pedagang akan membuka lapaknya.

“Tidak ada bus yang datang, ditambah para pedagang tidak berjualan, sehingga benar-benar sepi,” ujarnya.

Sepinya terminal dimungkinkan bahwa saat ini banyak pemudik yang lebih menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil. Sehingga penggunaan bus untuk pergi mudik kurang diminati oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya